Ekonomi

Ekonomi Riau Tumbuh 2,80 persen Pada Triwulan II 2019

PEKANBARU - Pada triwulan II 2019, Ekonomi Riau mengalami pertumbuhan sebesar 2,80 persen (yoy). Jumlah itu melambat dibandingkan triwulan I 2019 yang sebesar 2,87 persen.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Statistik Distribusi, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Agus Nuwibowo. Menurutnya, pertumbuhan q to q sebesar 0,87 persen.

Pertumbuhan tersebut dipengaruhi oleh adanya moment lebaran. Dimana konsumsi masyarakat meningkat terutama pada makanan dan minuman untuk lebaran.

"Pertumbuhan positif terjadi di hampir semua kategori ekonomi kecuali pertambangan dan galian serta jasa keuangan. Sedangkan distribusi terbesar adalah industri pengolahan sebesar 25,32 persen, pertambangan dan penggalian sebesar 25,24 persen, pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar 22,70 persen," terangnya.

Menurutnya, dari sisi produksi, peningkatan terutama terjadi pada kategori perdagangan besar dan eceran, erat kaitannya dengan momen lebaran dan libur bersama yang jatuh di triwulan II 2019.

"Dari sisi pengeluaran, peningkatan terjadi pada komponen pengeluaran konsumsi akhir rumah tangga dan pembentukan modal tetap bruto terutama subkomponen bangunan," ungkapnya.

Secara spasial, pada triwulan II-2019 Provinsi Riau berkontribusi sebesar 4,75 persen terhadap perekonomian nasional. Provinsi Riau merupakan provinsi dengan pdrb terbesar ke-6 di Indonesia atau PDRB terbesar ke-2 di luar pulau Jawa. (MC Riau)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan