Ekonomi

Lifting Minyak Bumi Riau Menurun Signifikan

PEKANBARU - Provinsi Riau pernah dikenal sebagai daerah yang kaya akan sumberdaya alamnya, khususnya minyak bumi. Hanya saja, kondisi sekarang sudah berbeda, dimana angka lifting minyak bumi Riau menunjukkan penurunan yang cukup signikan.

Kondisi ini membuat porsi anggaran daerah juga tidak sebesar dari tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, hal tersebut ditambah lagi dengan beban pembiayaan rutin yang terus mengalami peningkatan, salah satunya dari belanja pegawai.

Sekretaris daerah (Sekda) Provinsi Riau, Ahmad Hijazi menilai, kondisi keuangan Riau memang sudah berbeda. Sebelumnya salah satu penyumbang dana bagi daerah melalui dana bagi hasil minyak bumi yang cukup besar.

“Kini produksinya terus menurun. Untuk lifting saha turunnya mencapai lima kali lipat. Ditambah lagi saat ini beban pembiayaan rutin yang terus bertambah,” paparnya, Rabu (7/8).

Untuk gambaran lifting saat ini hanya mencapai 200 ribu barel per harinya. Dimana sebelumnya lifting mencapai 1 juta barel per harinya. Sehingga secara tidak langsung berimbas pada penerimaan daerah.(MC Riau)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan