News

Sekda Ikuti FGD Cegah Aksi Diskriminasi dan Rasisme

MERANTI - Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, mengikuti kegiatan Forum Group Discussion (FGD), yang digelar oleh Polres Kepulauan Meranti, kegiatan dalam rangka membahas dan merumuskan upaya pencegahan Diskriminasi dan Rasisme di tengah masyarakat Meranti ini, dipusatkan di Ballroom Hotel Grand Meranti, Selatpanjang, Kamis (12/9/2019).

Turut hadir dalam kegiatan itu, Wakil Ketua DPRD Meranti H. Taufikurrahman, Kajari Meranti Budi Rahardjo SH MH, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Meranti, Danramil Selatpanjang Mayor TNI Irwan, Wakapolres Meranti Kompol. Irmadison, Narasumber Dr. Hasanuddin M.Si Pakar Politik Universitas Riau, Aidil Haris S.Sos M.Si Pakar Komunikasi Bidang Kajian Teroris, Media dan Politik UMRI, Dr. Erdianto SH M.Hum Pakar Hukum UNRI, Asisten III Sekdakab. Meranti H.Rosdaner, Ketua KPU Meranti, Perwakilan MUI, Camat dan Kades, Tokoh Masyarakat/Agama/Pemuda dan lainnya.

Saat ini seperti disampaikan Wakapolres Meranti Kompol. Irmardison, Dskriminasin dan Rasisme serta Kriminalisasi masih banyak terjadi ditengah masyarakat Indonesia hal itu menandakan masih masih lemahnya rasa persatuan, toleransin, moral serta cultur masyarakat. Untuk mengatasinya diperlukan kerjasama dari semua komponen masyarakat serta masyarakat itu sendiri untuk memahami makna Toleransi ditengah keberagaman suku, agama, ras yang ada di Indonesia sehingga tercipta kondusiftas daerah.

"Semoga dengan acara ini terjalin perdatuan dan kesatuan serta rasa Nasionalisme dalam rangka mencegah Rasisme, Diskriminiasi serta Kriminalisasi dan yang tak kalah penting terbangun kesadaran warga terkait pentingnya Toleransi ditengah keberagaman," ujar Wakapolres Meranti.

Menyikapi kegiatan itu, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih kepada Polres Kepulauan Meranti yang telah menyelenggarakan kegiatan itu. Menurutnya kegiatan itu sangat tepat karena di Meranti dihuni oleh masyarakat yang terdiri dari berbagai suku, agama, ras yang berbeda.

"Semoga acara ini dapat melahirkan pemikiran yang bernas serta ide cemerlang dalam mengatasi masalah Rasisme dan Diskriminasi yang semakin marak di Indonesia khususnya di Kepulauan Meranti," ucap Sekda.

Sekda Meranti Yulian Norwis juga berharap para peserta yang terdiri dari para tokoh masyarakat, agama dan organisasi kepemudaan serta lainnya. Dapat memberikan masukan serta saran agar masalah Rasisme dan Diskriminasi yang saat ini banyak terjadi didaerah lain tidak terjadi di Meranti.

"Kita harapkan juga saran dan masukan dari para hadirin untuk mencari solusi dan alternatf terbaik agar masalah sosial yang dapat merusak persatuan dan kesatuan di Meranti tidak terjadi," ajaknya.


Sekedar informasi dalam kegiatan itu, dipaparkan berbagai penyebab dan solusi terbaik dalam mengatasi masalah Rasisme dan Diskriminasi oleh para pakar dan akademisi yang ahli dibidangnya. Yakni Dr. Hasanuddin M.Si Pakar Politik Universitas Riau, Aidil Haris S.Sos M.Si Pakar Komunikasi Bidang Kajian Teroris, Media dan Politik UMRI, Dr. Erdianto SH M.Hum Pakar Hukum UNRI. 

Dari pantauan media para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut dari awal sampai akhir. (hms)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan