Nasional

Bupati Irwan Jumpai Menpan-RB, Tingkatkan Kinerja Pejabat Lewat Penerapan E-Goverment

MERANTI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam hal ini Bupati Drs. H. Irwan M.Si sangat berkomitmen dalam peningkatan kinerja pejabat dilingkungan Pemkab. Meranti khususnya dibidang pelayanan Publik melalui penerapan E-Goverment. Agar hal itu dapat berjalan maksimal Bupati Irwan langsung menggelar pertemuan dengan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan) Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo di Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Dalam pertemuan antara Bupati Kepulauan Meranti Drs. Irwan M.Si dan Menpan-RB Tjahyo Kumolo fokus membahas masalah peningkatan pelayanan publik melalui penerapan E-Goverment.

Kepada Menteri Tjahyo, Bupati Irwan melaporkan dan berkonsultasi mengenai sejumlah permasalahan terutama mengenai dokumen SAKIP yang disusun dan dilaksanakan oleh OPD dilingkungan Pemkab. Meranti. 

Dari laporan yang disampaikan Bupati Irwan terungkap bahwa beberapa OPD di lingkungan Pemkab Meranti belum menindaklanjuti langkah-langkah yang diintruksikan oleh Kementrian PAN-RB salah satunya pengintegrasian aplikasi E-Program ke E-Planing yang harus ditindaklanjuti segera.

"Ini sangat penting untuk disegerakan tindaklanjutnya oleh OPD agar nilai dokumen SAKIP kita semakin baik. Kemenpan juga terus memantau kualitas kinerja secara elektronik (e-quality) yang salah satunya melalui evaluasi dokumen SAKIP," ujar Bupati Irwan usai pertemuan.

Dalam diskusi tersebut Menpan Tjahjo Kumolo memberi saran kepada Bupati untuk memacu kembali semua sasaran yang telah ditetapkan. "Menpan juga meminta kita untuk melakukan penilaian secara ketat terhadap kinerja kepala OPD," tambahnya.

Selanjutnya Bupati Irwan sangat berharap tahun ini nilai SAKIP Meranti dapat lebih baik dari tahun sebelumnya. Agar hal ini dapat terwujud ditegaskan Bupati Irwan, dirinya akan mengevaluasi para pejabat di lingkungan OPD yang nilai SAKIP-nya tidak kunjung membaik.

"Dari dokumen SAKIP kita dapat menilai kemampuan dan kualitas kinerja OPD. Dokumen sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja. Ini kan perlu selaras dengan sistem akuntabilitas keuangan," jelas dia.

Dalam pertemuan yang berlangsung cukup akrab dan komunikatif tersebut, juga dibahas progres tahapan penerimaan CPNS dan upaya peningkatan kualitas SDM pegawai. (Adv)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan