News

HUT ke 22, 'Bekerja Bersama Untuk Rohil yang Lebih Baik'

Bupati Rohil Afrizal Sintong memimpin upacara HUT Rohil ke 22.

BAGANSIAPIAPI - Tanggal 04 Oktober 2021, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) memasuki usia ke 22 tahun. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang nomor 53 tahun 1999 tentang berdirinya Kabupaten Rohil. 

Upacara peringatan HUT Rohil ke 22 dipimpin langsung Bupati Afrizal Sintong berlangsung di halaman Kantor BPKAD, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi, Senin (4/10/2021).

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan sebagai bangsa yang bermartabat serta masyarakat yang berbudaya, memperingati lahirnya suatu peristiwa haruslah dilihat, dikaji dan dicermati dari berbagai aspek dalam proses dan perjalanan peristiwa itu.

Sebab lanjutnya, banyak terkandung pesan dan mempunyai makna dan nilai-nilai moral yang patut dipahami sekaligus menjadi pelajaran pengalaman bagi kita khususnya bagi generasi muda sebagai penerus perjuangan bangsa dan pembangunan Rohil ke depannya.

"Kita cermati kembali bahwa hakikat dari semangat perjuangan dalam membentuk Kabupaten Rohil yang dengan melalui proses panjang dan berliku serta memerlukan berbagai pengorbanan sesungguhnya tidaklah hanya bertujuan memisahkan diri," katanya.

Namun sebut Bupati, terbentuknya struktur pemerintah baru yang saat ini bernama Kabupaten Rohil hendaknya dapat dipastikan selain memperpendek rentang kendali juga terciptanya optimalisasi akses pelayanan dan lebih mempercepat pelaksanaan pembangunan dalam mensejahterakan masyarakat.

"Dari para pelaku perjuangan Kabupaten Rohil masih banyak yang belum dicapai sedangkan diantara dari mereka banyak yang telah mendahului kita," sebutnya.

Sebagai penerus perjuangan bangsa dan pembangunan, Bupati Afrizal mengajak agar hendaknya menjadikan nilai-nilai dan semangat dari suatu perjuangan tersebut sebagai motivasi dan orientasi dalam melaksanakan pembangunan.

"Nilai dan semangat dimaksud adalah terbangunnya nilai kebersamaan mau bekerja keras untuk kepentingan yang lebih besar sesuai dengan tema HUT Rohil ke 22, 'Bekerja Bersama Untuk Rokan Hilir yang Lebih Baik," paparnya.

Melalui peringatan HUT Kabupaten Rohil ke 22, Bupati berharap dapat dijadikan sebagai kilas balik untuk melihat Kabupaten Rohil di masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang.

Memperingati hari jadi Kabupaten Rohil tambah Afrizal, hendaknya tidak dipandang dari pelaksanaan seremonial belaka melainkan untuk dapat dijadikannya sebagai momentum untuk menyatukan visi dan persepsi sehingga menjadi suatu kekuatan dan jalan dalam pelaksanaan pembangunan ke arah yang lebih baik lagi.

"Hal itu juga sesuai visi dan misi Kabupaten Rohil yaitu memantapkan Rohil religius dan berbudaya dengan infrastruktur perekonomian yang handal tahun 2026," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan sekilas sejarah perjuangan dan perjalanan terbentuknya Kabupaten Rohil.

"Kepada masyarakat Rohil, saya mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Rohil yang ke 22, dengan iringan doa dan harapan semoga masyarakat di Kabupaten Rohil merasakan makna yang mendalam dengan berdirinya Kabupaten Rohil ini," pungkasnya.

Upacara peringatan HUT Rohil ke 22 itu juga dihadiri Wabup Rohil H Sulaiman SS MH, Ketua DPRD Rohil Maston, Kajari Rohil Yuliarni Appy SH MH, Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi, Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto, Ketua PKK Sanimar Afrizal, kepala BPN Rocky Soenoko, Sekda Rohil M Job Kurniawan, lara kepala OPD, para camat beserta unsur lainnya. (rif/rls)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan