News

Wacana Kampung Pancasila Dapat Dukungan Penuh dari Berbagai Kalangan

BENGKALIS - Komando Distrik Militer (Kodim) 0303/Bengkalis melaksanakan Rapat Koordiansi (Rakor) untuk pembentukan Kampung Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan harga mati yang tidak bisa ditawar. Sebagai warga negara Indonesia, setiap orang diminta untuk menumbuhkan dan mengimplementasikan makna Pancasila dalam kehidupannya.

Dengan demikian, Bangsa Indonesia akan terbebas dari paham-paham radikal yang menjadi ancaman bagi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal itu diungkapkan Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Hendik Yunia Hermanto saat memberikan kata sambutan di ruang rapat Persit, Jumat (18/2/2022). 

Dikatakan Letkol Inf Hendik Yunia Hermanto, untuk menumbuhkan nilai-nilai Pancasila di tengah-tengah masyarakat, pihaknya tengah menggalakkan program Kampung Pancasila di seluruh Desa dan Kelurahan Kota Kabupaten Bengkalis yang menjadi wilayah hukum Kodim 0303/Bengkalis. Nantinya, melalui perangkat yang ada di Koramil, Kodim 0303/Bengkalis akan membangun Kampung Pancasila di setiap Desa dan Kelurahan.

"Kampung Pancasila akan isi dengan berbagai kegiatan. Dalam kegiatan itu, masyarakat akan kita edukasi tentang pentingnya Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara. Tidak ada yang bisa menggantikan Pancasila, paham radikal tidak akan bisa menggoyahkan Pancasila,” ungkap Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Hendik Yunia Hermanto. 

Hendik pun menuturkan, Pancasila juga akan menjadi penumbuh dan penguat jiwa nasionalisme serta jiwa kebangsaan. Dengan adanya Pancasila, maka setiap warga negara tidak akan mudah digoyahkan dengan paham-paham radikal.

"Saat ini banyak sekali paham radikal yang berkedok agama, dan paham-paham radikal itu mencoba menggeser Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara. Padahal Pancasila tidak pernah bertentangan dengan ajaran agama apapun, sehingga tidak layak apabila agama dijadikan kedok untuk menggoyahkan Pancasila," ujarnya.

Lanjut Hendik, Indonesia memang merupakan negara yang terdiri dari berbagai suku dan agama, terkhusus Kota Bengkalis yang sangat dikenal dengan kota yang terdiri dari berbagai suku, agama, etnis dan budaya.

"Kerukunan di dalam keberagamaan inilah yang menjadi kekuatan dan kekayaan. Harapan kami, Kampung Pancasila dapat membuat keberagaman tanpa memandang agama, suku dan golongan. Dan itu tetap kokoh dan bersatu dalam Pancasila sebagai dasar negara," pungkasnya. 

Sementara itu, sebagai moderator, Danramil 01/Bengkalis Kapten Arh Isnanu, mengaku sepakat dan mendukung langkah yang mulai membangun Kampung Pancasila di setiap Kelurahan yang ada di Kabupaten Bengkalis. 

"Sebab dengan begitu, jiwa dan rasa nasionalis warga Kabupaten Bengkalis dapat semakin terbangun sehingga paham-paham radikal dapat dimusnahkan dari Kabupaten Bengkalis," kata 
Danramil 01/Bengkalis Kapten Arh Isnanu. 

"Kampung Pancasila ini adalah wujud nyata ketegasan TNI dalam menjaga kedaulatan NKRI, sangat mendukung program ini,” tuturnya lagi. 

Apresiasi di berikan juga dari Kapolsek Bengkalis yang diwakili Waka Polsek Bengkalis AKP Kasmandar Subekti, kami  berharap, Kabupaten Bengkalis tidak akan terganggu dengan paham-paham radikal yang ingin menggeser Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara. 

"Sebab sejatinya sejak dulu, warga Bengkalis  selaku hidup rukun dan berdampingan dengan keberagaman agama, suku dan budaya yang sangat beragam. Kerukunan di dalam keberagaman inilah yang menjadi kekuatan dan kekayaan. Harapan kami, Kampung Pancasila dapat membuat keberagaman itu tetap kokoh dan bersatu dalam Pancasila sebagai dasar negara," kata Waka Polsek Bengkalis AKP Kasmandar Subekti. 

Selain itu Ketua AJOI Bengkalis Fadli menyampaikan dukungan nya  pembentukan kampung pancasila 

"Kami dari Aliansi Jurnalistik Online Indonesia (AJOI) Bengkalis sangat mendukung dengan program yang akan di laksanakan oleh Kodim Bengkalis.

"Dan semoga program ini secepat terlaksana dan bisa memberi manfaatnya sekaligus menjaga perdamaian, kekompakan serta kerukunan didalam bermasyarakat,"

Kami dari rekan Pers sangat mendukung akan dibentuk kampung pancasila dan kami siap menjadi garda terdepan dalam membantu kampung pancasila sesuai dengan propesi kami", tutur Ketua Ajoi Bengkalis dengan penuh semangat.**

Laporan Anang



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan