News

Pengurus JMSI Rohil Dilantik, Ini Program Kedepan

Foto bersama usai pelantikan Pengurus Cabang JMSI Rohil periode 2022 - 2027.

BAGANSIAPIAPI - Pengurus Cabang Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) periode 2022 - 2027 resmi dilantik oleh Ketua Dewan Penasehat JMSI Riau, Dr Syafriadi SH, MH, Senin (28/02/2022) di salah satu hotel di Bagansiapiapi.

Pelantikan ditandai dengan penyerahan bendera petaka dari Ketua Dewan Penasehat JMSI Riau kepada Ketua JMSI Rohil, Jarmain.

Hadir pada kesempatan itu, Sekda Rohil HM Job Kurniawan, Waka II DPRD Rohil Basirun Nur Efendi, para Pengurus JMSI Riau, Kapolsek Bangko AKP Dedi Susanto, para Kepala OPD, Sekcam Bangko, Tokoh Rohil Azhar Syakban serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua JMSI Rohil, Jarmain mengucapkan terimakasih atas dukungan dan partisipasi dari Pemda Rohil beserta para pihak yang sudi membantu baik moril maupun materil sehingga pelantikan JMSI Rohil periode 2022 - 2027 dapat berlangsung.

“Kami menginginkan dapat bekerjasama dengan mitra agar kedepan JMSI dapat lebih baik,” ucap Jarmain.

Setelah dilantik, JMSI Rohil akan membuat terobosan-terobosan dan inovasi baru di bidang media.

“Program kami kedepan meliputi pelatihan wartawan seperti kegiatan bimtek yang sudah kami laksanakan semalam, kemudian sosialisasi tentang kode etik jurnalistik dan upaya-upaya agar wartawan di JMSI Rohil yang memiliki media siber dapat minimal terverifikasi aktual,” jelasnya.

Dalam acara pelantikan JMSI Rohil tersebut, anggota kehormatan JMSI Riau, Rudi Irawan, SHi turut menampilkan pembacaan puisi. Rudi Irawan juga dikenal sebagai sastrawan nasional dan sebagai anggota DPRD Indragiri Hulu.

Selanjutnya, Ketua Dewan Penasehat JMSI Riau, Dr Syafriadi menuturkan, perkembangan media online di Indonesia begitu pesat hingga mencapai 43 ribu. Sementara media online yang berhasil di data oleh Dewan Pers hanya sekitar 1,7 ribu.

Ia mengakui, perkembangan media online tidak diikuti dengan jumlah sumberdaya yang memadai atau tidak kredibel sehingga berefek ke pemerintah dan masyarakat.

“Jadi tugas organisasi JMSI adalah meningkatkan sumberdaya manusia dan sumberdaya perusahaan pers,” sebutnya.

Untuk itu, pemerintah daerah diharapkan dapat membantu JMSI dalam meningkatkan sumberdaya media lewat pelatihan wartawan.

“Kami berharap kepada Sekda Rohil untuk membuat program pelatihan wartawan melalui Diskominfo dan JMSI sebagai pelaksananya,” ungkap Syafriadi.

Dr Syafriadi juga berpesan kepada pengurus JMSI Rohil agar senantiasa mentaati kode etik jurnalistik dan menjunjung tinggi UU No 40 tahun 1999.

“Kehadiran kami juga untuk memotivasi pers di daerah agar lebih profesional dan menjalankan tugas jurnalistik dengan benar,” ucapnya.

Sementara, Sekda Rohil, HM Job Kurniawan menyebutkan, dalam meningkatkan sumberdaya wartawan dan sumberdaya perusahaan pers adalah tugas bersama.

“Pemerintah daerah melalui Diskominfo akan memprogramkan pelaksanaan bimtek untuk meningkatkan sumberdaya wartawan,” ujarnya.

Sekda Rohil juga berjanji akan memberikan kerjasama yang proporsional kepada media. Dia mengharapkan media bisa bersama-sama dan bekerjasama baik dengan pemerintah daerah.

Usai pelantikan, Ketua JMSI Rohil turut memberikan penghargaan kepada Sekda Rohil, Ketua Dewan Penasehat JMSI Riau, Kapolsek Bangko, Camat Bangko dan seluruh OPD yang diwakili DLH Rohil. (rif) 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan