News

Pemdes Berancah Gelar Sosialisasi SPPT PBB-P2 Tahun 2022

Bengkalis - Menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Bengkalis Nomor :970/PD-PP/IV/146/2022, Pemdes Desa Berancah Melakukan Sosialisasi Optimalisai dan Distribusi SPPT PBB-P2 Tahun 2022 di Aula Desa Berancah, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Kamis (12/05/ 2022).

Sosialisasi ini disampaikan Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Bengkalis melalui UPT Bantan, yang dihadiri Kadus seDesa Berancah, Ketua BPD Berancah Sukamto beserta anggota, Ketua LPMD Haryanto.

Kepala Desa (Kades) Berancah Turadi mengatakan tujuan dilaksanakan sosialisasi ini dalam rangka memberikan pemahaman kepada petugas yang dalam hal ini perangkat Rt dan Rw guna mengoptimalkan penerimaan pajak daerah, terutama PBB-P2.

“Sosialisasi ini kita disejalankan juga dengan pendistribusian SPPT PBB-P2 tahun 2022 dengan harapan realisasi penerimaan tahun ini bisa ditingkatkan, data tahun 2021 realisasi Desa Berancah mencapai sekitar 45%," ungkap Turadi.

Dalam sosialisasi ini, Kades Berancah Turadi, Adapun materi yang disampaikan kepada kepala dusun adalah terkait teknis penyampaian SPPT PBB P2, selanjutnya diserahkan kepada RT dan RW, lalu RT mendistribusikan kepada warganya selaku wajib pajak. 

Kades Berancah, menegaskan kepada masyarakat atau wajib pajak bahwa tahun ini, jatuh tempo pembayaran PBB-P2 pada tanggal 30 September 2022.

“Dengan diberi jangka waktu minimal 30 September, masyarakat diharapkan dapat membayar pajak lebih awal, jadi tidak harus menunggu lama. Ini juga dalam rangka memperbaiki data yang tidak valid, jadi setelah jatuh tempo desa akan melakukan perbaikan data untuk diterbitkan tahun berikutnya,” ucapnya.

Tentunya, hal ini perlu dukungan dan support data dari RT dan RW, begitu juga masyarakat selaku wajib pajak itu sendiri. Karena Pemerintah Desa Berancah tidak bisa merubah data apabila tidak ada usulan dari masyarakat.

"Sekali lagi kami mohon, bila ada data PBB yang tidak valid, segera sampaikan ke Petugas Kolektor Desa yaitu Suprianto," Pungkas Kades Berancah dua Priode ini.**

Laporan : Anang



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan