News

Kabupaten Meranti Resmi Tetapkan Status Siaga Karhutla

MERANTI - Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau telah resmi menetapkan status  Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Penetapan status siaga tersebut dilaksanakan pada Jumat (24/2/2023) saat Rapat Koordinasi dengan TNI/ Polri dan stakeholder terkait di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Meranti.

"Jadi hasil rapat kemarin kita ada TNI/Polri dan instansi terkait sepakat untuk menetapkan status  Siaga Karhutla di Kepulauan Meranti. Jadi saat itu langsung kita tetapkan," kata Plt Kalaksa BPBD Kepulauan Meranti, Eko Setiawan, Minggu (26/2/2023).

Dengan telah ditetapkannya status siaga Karhutla, Eko mengatakan pihaknya dalam waktu dekat juga akan melaksanakan apel siaga pasukan untuk penanganan Karhutla.

"Dalam waktu dekat kita juga akan segera laksanakan apel siaga dengan seluruh stakeholder terkait, rencananya apel nanti akan langsung dipimpin oleh Bupati Kepulauan Meranti," jelasnya.

Dirinya mengatakan, segala persiapan memang terus dimatangkan hingga saat ini untuk antisipasi maupun penanganan Karhutla.

Bahkan dikatakannya Eko setiap kecamatan yang ada di Kepulauan Meranti nantinya akan disiapkan posko tanggap Karhutla.

"Jadi setiap kecamatan juga akan kita siapkan posko selain posko Induk. Nanti melalui posko ini setiap informasi dan penanganan Karhutla lebih cepat dan efisien dilakukan,” jelasnya.

“Selain itu posko ini juga diperuntukkan untuk patroli larutan bersama dengan seluruh tim gabungan," sambungnya.

Dirinya berharap dengan seluruh persiapan ini, antisipasi maupun penanganan Karhutla yang mungkin terjadi bisa dilakukan lebih cepat dan efisien.

Tidak lupa dirinya juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terus berkoordinasi dan bersinergi untuk penanganan  Karhutla di Kepulauan Meranti.

Sebagai tambahan, Eko menyampaikan bahwa pihaknya juga tetap melakukan pemantauan potensi banjir.

Hal tersebut mengibgat saatbini kondisi air pasang nampak berbeda dari tahun sebelumnya.

"Seharusnya air pasang untuk saat ini sudah menyusut. Tapi saat ini kadang masih muncul, walaupun saat ini kondisinya jauh lebih aman dibandingkan awal tahun kemarin," pungkasnya. 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan