Hari Kedua Idul Fitri 1444 H

Jamaah Masjid Istiqomah Renak Dungun Antusias Ikut Kunjungan

Foto bersama usai kunjungan yang berlangsung Minggu (23/4/2023).

MERANTI - Jamaah Masjid Istiqomah Dusun I Kamter, Desa Renak Dungun, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau antusias mengikuti baraan atau kunjungan yang dilaksanakan di hari raya kedua Idul Fitri 1444 Hijriah, Minggu (23/4/2023).

Tradisi kunjungan dari rumah ke rumah itu dimulai sejak pagi hingga sore hari. Rombongan kunjungan hanya istirahat Salat Dzuhur di Masjid Istiqomah, baru kemudian dilanjutkan lagi hingga berakhirnya kunjungan.

Kunjungan dari rumah ke rumah itu diisi dengan pembacaan doa selamat, tuan rumah juga telah menyiapkan hidangan berupa ketupat beserta lauk pauk ayam maupun daging dan sejumlah kue-kue lainnya serta minuman kaleng dengan berbagai jenis.

Rombongan menyambangi setiap rumah tanpa terkecuali. Kunjungan tidak berlama-lama, usai pembacaan doa dilanjutkan dengan salam-salaman dan dilanjutkan dengan kunjungan ke rumah yang lainnya, begitulah seterusnya hingga berakhirnya kunjungan.

Ketua Masjid Istiqomah, Asyari mengungkapkan bahwa kegiatan kunjungan tersebut dilaksanakan setiap tahun dan selalu diikuti antusias oleh masyarakat setempat.

"Masyarakat Dusun Kamter, Desa Renak Dungun khususnya jamaah Masjid Istiqomah sangat antusias melaksanakan kunjungan ini," ucap pria yang akrab disapa Engah.

Dia juga berharap kegiatan kunjungan tersebut bisa terus berlanjut hingga ke tahun-tahun yang akan datang, karena selain saling bermaaf-maafan secara langsung juga akan semakin mempererat hubungan silaturahim antar sesama khususnya masyarakat Dusun Kamter, Desa Renak Dungun.

"Mudah-mudah tahun depan kegiatan kunjungan ini bisa dilaksanakan lagi hingga ke tahun-tahun yang akan datang. Minal aidin walfaizin mohon maaf lahir dan batin," ujarnya berharap. (wan)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan