News

Danramil 02/Tebingtinggi Ikuti Kegiatan Peresmian Kampung Bahari Nusantara Oleh Danlanal Dumai

MERANTI - Danramil 02/Tebingtinggi, Kapten Arh Isnanu, pada Senin (15/5/2023) mengikuti kegiatan peresmian Kampung Bahari Nusantara di Desa Alai Kecamatan Tebingtinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti oleh Danlanal Dumai, Kolonel Laut ( P) Stenley Lekahera M, TR Hania.

Kegiatan peresmian Kampung Bahari Nusantara ini disambut baik oleh Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Meranti dan para Tokoh Masyarakat yang ada di Wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti.

Plt Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar menyampaikan Atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti mengapresiasi dan memberikan ucapan terima kasih kepada pihak TNI Angkatan Laut yang telah terbentuknya Kampung Bahari Nusantara di Desa Alai.

"Ini merupakan bukti nyata akan hadirnya sinergitas yang kokoh antara TNI Angkatan Laut dan masyarakat dalam upaya peningkatan bidang pendidikan, kesehatan, pariwisata, ekonomi dan Pertahanan dengan memanfaatkan potensi lokal yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Wabup.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti mendukung semua program Kampung Bahari Nusantara. Ada Lima faktor utama program Kampung Bahari Nusantara yakni Laskar ekonomi yang berfokus pada pembinaan UMKM, Cluster kesehatan dalam bentuk penyuluhan dan sosialisasi sosialisasi budaya hidup, serta Cluster pariwisata yang bertujuan untuk menciptakan Desa sebagai destinasi wisata bahari.

"Kampung Bahari nusantara merupakan terobosan yang sangat penting serta strategis dalam rangka pembangunan masyarakat kawasan pesisir laut, jika dikelola dengan baik dan akan memberikan manfaat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun hal itu masih berbanding terbaik dengan apa yang diharapkan karena masih ditemukan sebagian kawasan pesisir belum tertata dan dikelola dengan baik bahkan eroniknya kawasan pesisir tercemar dan rusak yang berdampak dan pada menurunnya sumber daya pesisir laut," ujarnya.

Danlanal Dumai, Kolonel Laut ( P) Stenley Lekahera M, TR Hania mengatakan peresmian Kampung Bahari Nusantara tahun 2023 melalui vidcon secara serentak di 68 lokasi jajaran satuan komando wilayah di seluruh Indonesia secara bersama-sama telah kita saksikan yang diresmikan langsung oleh bapak Wakil Presiden Republik Indonesia.

"Pada kesempatan ini syukur alhamdulillah bisa terlaksana peresmian Kampung Bahari nusantara yang merupakan program TNI Angkatan Laut dan dilaksanakan oleh seluruh jajaran di wilayah Indonesia oleh Komandan Pangkalan baik dari Lantamal maupun Lanal," paparnya.

Kampung Bahari Nusantara adalah wujud Sinergi antara TNI AL dengan masyarakat, sinergi ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan, pariwisata, ekonomi, serta pertahanan.

"Harapan kami dengan adanya program TNI Angkatan Laut tentang Kampung Bahari Nusantara dapat menjadi salah satu wujud komitmen khususnya pangkalan TNI Angkatan Laut Dumai untuk memberikan kontribusi dalam menjalankan program Desa binaan TNI angkatan laut agar mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. **



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan