News

Pasca Launching, Kapolda Irjen Iqbal Cek Pos Polisi RW di Kabupaten Terluar Riau

MERANTI - Pasca dilakukannya launching pada Rabu (14/6/2023), Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal SIk MH, Kamis (15/6/2023) siang, melakukan pengecekan pos Polisi RW 002 di Desa Gogok Darussalam, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Pengecekan dilakukan disela-sela kunjungannya meresmikan lapangan tembak Bhara Daksa Polres Kepulauan Meranti dan bersilaturahmi ke pondok pesantren Darul Fikri Selatpanjang.

Hal ini pula lah yang menjadi bukti dan komitmen Kapolda Riau, bahwa seluruh jajarannya telah menjalankan Polisi RW yang bertujuan untuk memelihara keamanan dan ketertiban, merespon, menanggapi, permasalahan yang berada ditengah-tengah masyarakat hingga dilingkup wilayah terkecil, yakni RW.

Ia bahkan menyempatkan diri berdialog bersama Polisi RW dengan masyarakat di kabupaten terluar dan terujung di Riau tersebut.

Adapun Dialog Irjen Iqbal bersama Polisi RW 002 Desa Gogok Aiptu Sutiman SE dan Ketua RW Novi Iskandar, terkait tujuan dari dibentuknya Polisi RW ini.

Dimana, kehadiran Polisi RW di tengah-tengah masyarakat juga untuk meningkatkan pelayanan keamanan di masyarakat.

"Polisi RW harus memiliki pengetahuan dalam menerapkan prinsip community policing, restorative justice, dan akuntabilitas. Apalagi momen pemilu semakin dekat, Polri akan selalu menciptakan situasi jamtibmas yang aman dan damai di lingkungan masyarakat," ujarnya.

Kemudian, mengenai problem solving di lingkungan RW setempat yang pernah terjadi, seperti perkelahian antar remaja. Bahwa polisi dan RW 002 Desa Gogok setempat sudah menyelesaikan dengan secara kekeluargaan.

Selanjutnya, kegiatan yang pernah dilakukan oleh Polisi RW dan RW 002 setempat, yakni gotong royong membersihkan selokan-selokan atau parit yang membuat tersumbat aliran pembuangan air.

"Jadi, Polisi RW juga dituntut untuk saling bersinergi dalam mengatasi permasalahan di lingkup terkecil dan melaporkan secara berjenjang ke pimpinan. Baik itu kepada Kades, Lurah, Camat, Bupati, Babinkamtibmas, Kapolsek hingga Kapolres bila ada permasalahan yang tidak bisa diselesaikan dilingkup Polisi RW," pesan mantan Kadiv Humas Polri itu.

Ikut mendampingi Irjen M Iqbal dalam kegiatan tersebut, Ketua Bhayangkari Daerah Riau Nindya M Iqbal, Irwasda Kombes Pol Hermansyah SH SIk, Dansat Brimob Kombes Pol Ronny Lumban Gaol SIk, Kabid Humas Kombes Pol Nandang Mu’min Wijaya, Dir Polairud Kombes Pol Wahyu Prihatmaka SIk, Ps Koorspripim Kompol Harry Avianto SH SIk MH, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG SH SIk MH dan para Pju. 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan