Riau

Mahasiswa Kukerta UNRI di Desa Pedekik Bengkalis Sosialisasikan Pemanfaatan Minyak Jelantah

BENGKALIS - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau 2023 di Desa Pedekik Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis, mengadakan kegiatan sosialisasi terkait tema limbah rumah tangga berupa minyak bekas (jelantah) dengan judul yang dibawakan, yaitu Pemanfaatan Minyak Jelantah.

Sosialisasi pemanfaatan minyak jelantah ini termasuk salah satu program kerja dari mahasiswa KKN Universitas Riau 2023 Desa Pedekik. Terdapat berbagai pemanfaatan minyak jelantah yang bisa dimanfaatkan, yaitu seperti sabun cuci baju, pupuk tambahan untuk tanaman, bahan bakar lampu minyak, pakan unggas, dan sebagainya.

Sebelumnya, minyak jelantah adalah minyak sisa bekas dari hasil penggorengan yang dilakukan, baik penggorengan ikan, telur, ayam, lauk dan sebagai nya. Yang dimana sisa minyak jelantah ini tidak baik untuk dikonsumsi kembali dan terus menerus.

Dikutip dari situs halodoc.com “minyak jelantah tak hanya meningkatkan risiko obesitas, kanker, dan infeksi bakteri, tetapi juga dapat penyakit degeneratif seperti Parkinson atau Alzheimer. Karena kandungan senyawa organik aldehid yang dikandung dari minyak jelantah (bekas) bisa berubah menjadi senyawa karsinogen yang dapat memicu kanker pada tubuh manusia.”

Dan karena hal itu, Mahasiswa Kukerta Universitas Riau 2023 Desa Pedekik memiliki inovasi menggunakan minyak jelantah ini untuk dijadikan lilin aromaterapy. Lilin aromaterapy merupakan lilin yang mengandung aroma yang dapat menenangkan dan merileksasikan pikiran.

Aromaterapy yang digunakan pada lilin sangat beragam, tetapi Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Riau 2023 Desa Pedekik memilih aroma dari parfum, minyak kayu putih, dan minyak telon.

Kegiatan sosialisasi ini, Mahasiswa Kukerta Universitas Riau 2023 Desa Pedekik mengundang beberapa perangkat desa dan masyarakat Desa Pedekik dari Dusun I hingga Dusun IV. Perangkat desa ada Sekretaris Desa Pedekik Maskur, SH, Kepala BPD Desa Pedekik Nazaruddin, Kadus I hingga IV Desa Pedekik serta RT dan RW.

Dalam kata sambutannya, Sekretaris Desa Pedekik Maskur, SH mengungkapkan harapannya kepada masyarakat Desa Pedekik yang hadir dalam sosialisasi ini agar dapat memahami dan bisa mengambil pelajaran yang akan disampaikan oleh Mahasiswa Kukerta tersebut. Sebab, sosialisasi yang dilakukan oleh Mahasiswa Kukerta Desa Pedekik ini sangat menarik dan juga bisa dilakukan dirumah oleh ibu-ibu rumah tangga. **



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan