Riau

Mahasiswa KKN Terintegrasi UNRI Sosialisasikan Manfaat dan Efek Kombucha pada Tubuh Manusia

Pekanbaru, Riau - Mahasiswa KKN Terintegrasi Universitas Riau (Unri) yang dibimbing oleh Dr Saberina Hasibuan, SPi MT dengan anggota Novreta Ersyi Darfia ST, MT dan Dr Eng Rahmat Iman Mainil, ST MT. melakukan kegiatan sosialisasi dan penyuluhan tentang manfaat dan efek kombucha pada tubuh manusia. Pembuatannya dilakukan oleh mahasiswa KKN dari Jurusan BDP Fakultas Perikanan dan Kelautan. Fermentasi teh kombucha berlangsung selama 7 hari di Posko KKN Terintegrasi Kelurahan Rumbai Bukit Kecamatan Rumbai Barat, Pekanbaru yang diketuai oleh Naufal Arif mahasiswa dari Jurusan BDP Fakultas Perikanan dan Kelautan.

Pada sosialisasi ini, dihadiri oleh pengurus Posyandu, bidan Puskesmas serta ibu-ibu sekitaran RW 05 dan penyampaian materi disampaikan langsung oleh Sofia Zuhrah yang merupakan mahasiswa KKN dari Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Pada materinya disampaikan apa itu kombucha dan apa-apa saja manfaat dari mengkonsumsi teh kombucha.

“Kombucha merupakan fermentasi teh oleh Symbiotic Culture Of Bacteria and Yeast (SCOBY), minuman tradisional berasal dari dataran China yang memiliki rasa asam manis, karena terbuat dari campuran teh, gula, ragi dan difermentasikan oleh SCOBY. Fermentasi di langsungkan selama 7-10 hari, selama fermentasi ragi memecah gula dalam teh dan mengeluarkan bakteri probiotik. Probiotik ini mampu memberikan manfaat terhadap kesehatan seperti meningkatkan respons imun terhadap infeksi usus, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol serum, mengurangi lactose intolerance, dan mencegah terjadinya tumor dan kanker kolon.” jelasnya

Daun teh memiliki kandungan alkaloid, flavonoid, steroid, tanin, saponin, dan triterpenoid, Senyawa-senyawa inilah yang akan mempengaruhi kualitas warna, aroma dan memberikan rasa menyegarkan serta mempunyai manfaat bagi kesehatan, yang berguna sebagai antioksidan dan melindungi dari penyakit.

Selain daun teh dalam pembuatan kombucha juga dapat memanfaatkan jenis daun lain seperti daun kopi robusta. Dimana daun kopi juga mengandung senyawa alkaloida, saponin, flavonoida dan polifenol seperti yang terkandung pada daun teh.

Kegiatan sosialisasi dan penyuluhan manfaat dan efek kombucha terhadap tubuh manusia diakhiri dengan demo minum teh kombucha hasil fermentasi Tim KKN Terintegrasi Unri kepada masyarakat yang menghadiri kegiatan sosialisasi.



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan