News

Mahasiswa Kukerta UNRI Dukung Penuh Kegiatan Rembuk Stunting di Desa Puo Raya

ROKAN HULU - Desa Puo Raya mengadakan rembuk stunting untuk mencegah stunting di desa tersebut. Stunting ialah suatu  kondisi dimana pertumbuhuan pada anak tidak berkembang sebagaimana mestinya. Kondisi ini terjadi  karena kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak. Biasanya kondisi tersebut ditandai dengan tinggi pada anak yang cenderung lebih rendah atau pendek dari anak seusianya. Selain itu dapat juga ditandai dengan kurangnya responsif pada anak, mudah terserang penyakit dan terlihat lemas terus-menerus.

Acara ini diadakan di Aula Kantor Desa Puo Raya pada tanggal 10 Juli 2023. Kegiatan tersebut di hadiri oleh Perwakilan Camat, Kepala Desa, Ketua BPD, Perwakilan  Puskesmas, seluruh Kadus, RT dan RW Desa Puo Raya serta Kader Puskesmas, Posyandu, KPR, BPK, Ibu-ibu PKK, serta Mahasiswa/i KKN UIN Suska Riau. Acara dibuka oleh Arifin Siagian selaku Ketua BPD Desa Puo Raya dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Kepala Desa Yasrijon dan Perwakilan Camat Tandun Imam Wahyudi.

Berdasarkan data yang didapat pada bulan Maret 2023, 1 orang anak terindikasi stunting. Dalam hal ini, untuk menanggulangi dan  mencegah bertambahnya anak anak yang terindikasi stunting pemerintah desa membagikan protein nabati dan hewani di semua posyandu yang ada di desa Puo Raya. Selain itu, pemerintah desa juga mendapatkan bantuan pengadaan sarana sanitasi berupa 35 jamban yang akan dibagikan kepada anak-anak dan ibu hamil terduga stunting.

"Dengan adanya rembuk stunting, hal ini sangat berguna untuk mengedukasi masyarakat terutama pada anak-anak dan ibu hamil sehingga mereka mengetahui hal yang sekiranya perlu di perhatikan untuk memenuhi asupan nutrisi dan gizi. Semoga dengan adanya hal tersebut tidak ada lagi anak yang mengalami stunting di Desa Puo Raya”. Ucap arifin siagian selaku ketua BPD.

Kegiatan rembuk stunting yang dilaksanakan oleh Desa Puo Raya juga melibatkan tim KKN UNRI yang juga sedang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata. Dalam hal ini tim KKN yang diketuai oleh Wahyu Agustian menyambut baik dan mengerahkan rekan-rekan tim KKN untuk terlibat dalam mensukseskan rangkaian kegiatan rembuk stunting ini.

Kegiatan rembuk stunting selaras dengan program unggulan yang diusung oleh kegiatan kukerta bangun kampung UNRI dengan program “Identifikasi dan pengentasan stunting dengan pemanfaatan sumber daya pangan tempatan” sebagai program wajib.

Harapannya kegiatan kolaborasi ini terus berlanjut dan terus melibatkan peran aktif dari masyarakat sekitar. Dengan dibagikannya olahan makanan yang mengandung protein dan didistribusikannya 35 jamban, diharapkan mampu untuk mencegah dan mengentaskan stunting di Desa Puo Raya.

Tim KKN Desa Puo Raya
Penulis : Elvina Dayanti dan Fitri Kurniati
Senin, 17 Juli 2023



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan