Riau

Peduli PMI, Disnakertrans Riau Gandeng PPMLN

SELATPANJANG - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau menggelar Pelaksanaan Kegiatan Pemberdayaan Pekerja Migran Indonesia Purna Penempatan.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Seksi Penempatan dan Perluasan Kerja Disnakertrans Provinsi Riau, Iit Susanti S.Sos. M.Ak, Kamis 6 Oktober 2023.

Turut mendampinginya, Fakhrizal Amri S.Sos selaku Fungsional Pengantar Kerja Muda, M.Badrisyahputra. S.Tr. Pr, dan Siti Khodijah serta Yuni Eliza, S.Sos.

Hadir juga pihak Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Kepulauan Meranti, yang diwakili Kepala BLK, Anshari Arif S.Kom. M.Si dan PPMLN Husbi Husin.

Pelatihan Disnakertrans Propinsi Riau bekerjasama dengan Perkumpulan Putra Meranti Luar Negeri (PPMLN) bertempat di Jalan Pelabuhan 1 Selatpanjang akan dilaksanakan selama 3 hari yakni Kamis hingga Sabtu.  

juga menghadirkan narasumber dari Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Anna Florence Simanjuntak SEs dan PPJI T. Reni Azmahrani S.Pi dan Rika Pratiwi S.H.i.

Kabupaten Kepulauan Meranti dipilih karena merupakan penyumbang terbesar tenaga kerja ke luar negeri.

Untuk diketahui, masih banyak tenaga kerja yang bekerja di luar negeri tidak mengikuti prosedur sesuai UU No 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia.

Kasi Penempatan dan Perluasan Kerja Disnakertrans Riau Iit Susanti SSos MAk menyampaikan bahwa pembangunan ketenagakerjaan mempunyai tujuan untuk memberdayakan dan mendayagunakan tenaga kerja secara optimal dan manusiawi. Juga mewujudkan pemerataan kesempatan kerja dan penyediaan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan, memberikan pelindungan kepada tenaga kerja dalam mewujudkan kesejahteraan tenaga kerja dan keluarganya.

"Terima kasih kepada semua pihak yg telah mensupport acara ini, yaitu Disnakertrans Meranti dan PPMLN," ujarnya.

Disnakertrans Riau berterima kasih kepada PPMLN yang sudah berupaya aktif menghadirkan peserta dari PMI purna atau keluarganya, sehingga acara ini bisa berjalan lancar. Kegiatan ini diharapkan dapat membuka peluang usaha bagi PMI purna dan keluarganya dalam meningkatkan perekonomian.

Selain itu, acara digelar dengan harapan dapat memberikan informasi terkait pekerjaan yang ada di dalam maupun luar negeri, sehingga membuka wawasan para peserta bahwa sumber penghasilan tidak hanya menjadi PMI, namun juga bisa dari berwirausaha.

Sementara itu, Ketum PPMLN Husbi bersama Sekjen PPMLN, Umarul Ahmad menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemprov Riau melalui Disnaker.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Permaskab (Persatuan Masyarakat Meranti) Pekanbaru yang selalu mensuport PPMLN saat ini," ungkapnya. (red)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan