News

Polres Meranti Ikuti Dialog Publik Pilpres dan Pemilu Damai 2024 oleh Divhumas Mabes Polri

MERANTI - Polres Kepulauan Meranti, Polda Riau, Rabu (11/10/2023) pagi, bertempat di ruang vidcon Mapolres, mengikuti dialog publik Pilpres 2024 yang bertemakan Memperkuat Pemilu Damai dan Demokrasi Menuju Indonesia Maju secara vidcon oleh Divisi Humas Mabes Polri.

Giat tersebut diikuti Kasubsibankum Sikum Polres Ipda Ali Afrianto SH MH, Kasubsiopnal Siwas Ipda Iskandar Nopianto, Kanit II Satreskrim Ipda Dominikus Turnip SE, Kbo Sat Intelkam Ipda Mada Surya, Komisioner KPUD Hanafi SSos, Plt Kasek Bawaslu Kepulauan Meranti Eri Gunawan SPd MSi, Kasubag Pengawasan Bawaslu Efendi SAg dan staf Zulfikar SH, tokoh agama ustad Mardio Hasan, tokoh adat Kasam, tokoh masyarakat H Jang, serta personel Polres.

Karo Multimedia Divhumas Polri, Brigjen Pol Gatot Repli Handoko, dalam sambutannya melalui vidcon menyampaikan bahwa Pemilu di Indonesia diselenggarakan sebagai salah satu perwujudan negara demokrasi.

Kontestasi politik ini, sebutnya, tidak pernah lepas dari potensi kerawanan. Untuk itu, Bawaslu menyusun Indeks kerawanan Pemilu sebagai upaya pemetaan kerawanan pesta demokrasi di negara ini.

"Peran Polri dalam pemilu tahun 2024, yaitu potensi kerawanan, system dan pola pengamanan, strategi cooling system, sinergitas 6 pilar untuk pemilu yang aman, damai dan kondusif," jelasnya.

Brigjen Pol Gatot Repli juga mengatakan harus ada komitmen dari seluruh stakholder dan unsur untuk bersama memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mewujudkan Pemilu yang aman, damai dan kondusif tersebut.

"Selain itu, juga dengan masih maraknya berita hoax, seluruh stakeholder harus bersatu dalam mengounter, sehingga tidak memberikan dampak terhadap berjalannya tahapan Pemilu," ujarnya.

Dialog dilanjutkan dengan pemaparan dari Kombes Pol Muhammad Firman dan Guru Besar Komunikasi Politik Universitas Nasional Prof Dr Lely Arrianie MSi, serta pemaparan dari Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja SH LLM.

Usai giat, Kapolres Kepulauan Meranti melalui Kbo Sat Intelkam Ipda Mada Surya mengatakan, kegiatan ditaja Divisi Humas Polri ini bertujuan untuk mensinergikan berbagai pihak yakni kepolisian, KPU, Bawaslu dan tokoh masyarakat agar nantinya rangkaian pemilihan Presiden dan Pemilu 2024 dapat berjalan damai dan sesuai koridor pelaksanaan yang sudah ditetapkan.

Dalam dialog itu, tuturnya, juga ditekankan pentingnya koordinasi antara Polri dan tokoh masyarakat untuk mewujudkan Pemilu damai. Begitu juga Bawaslu dan KPU juga berbagi wawasan tentang pengawasan Pemilu yang transparan, jujur dan adil.

"Kita berharap dengan kegiatan ini terjalin sinergi yang kuat antara semua pihak yang terlibat. Sehingga rangkaian Pilpres dan Pemilu 2024 dapat berjalan kondusif, khususnya di Kabupaten Kepulauan Meranti," harapnya. 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan