News

Babinsa Koptu Yudha Kunjungi Peternak Kambing di Selatpanjang

MERANTI - Koramil 02 / Tebing Tinggi, Kodim 0303 / Bengkalis, Babinsa Koptu Yudha mengunjungi peternak kambing di Wilayah Selatpanjang Kota, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti. Minggu (06/11/2023).

Babinsa Koramil 02 / Tebing Tinggi Koptu Yudha mengaktifkan patroli untuk meninjau tentang kesehatan hewan ternak jenis kambing sebanyak 5 ekor milik Bapak Surianto.

Pemeriksaan kesehatan hewan ternak tersebut dilakukan untuk mencegah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang dapat menyerang dan menjangkiti hewan ternak warga. Diketahui, wabah tersebut sangat berbahaya bila sampai menjangkiti ternak dan berujung kerugian.

Mencegah hal itu, Koptu Yudha aktif lakukan pemantauan dan bersosialisasi kepada seluruh peternak yang ada di wilayah binaannya, untuk selalu memerhatikan kesehatan ternak, kebersihan kandang dan lingkungan, sumber pakan serta melakukan vaksinasi agar hewan ternaknya lebih kebal terhadap virus dan kuman penyebab penyakit.

“Sepanjang pemantauan Babinsa Koptu Yudha tidak menemukan adanya hewan ternak yang terjangkit PMK atau penyakit lainnya. Semua Sapi Bapak Surianto dalam keadaan sehat,” kata Koptu Yudha.

Meski PMK tidak terdeteksi, peternak tetap kita imbau untuk selalu cermat memelihara ternaknya dengan pola kebersihan, lingkungan dan pakan yang sehat supaya ternaknya tetap terjaga.

"Bila adanya indikasi wabah PMK yang dicurigai, warga kita imbau segera melapor ke kita agar dapat dilakukan upaya pencegahan penularan lebih meluas" pesannya. **



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan