News

Personel Polsek Rangsang Bantu Antarkan Anak-anak Pulau Terluar Pergi ke Sekolah

SELATPANJANG - Personel Kepolisian Sektor (Polsek) Rangsang, Polres Kepulauan Meranti berinisiatif membantu  dan mengantarkan anak-anak di perbatasan negara pergi ke sekolah.

Selain melakukan tugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), hal ini menjadi bukti polisi juga ikut berperan mencerdaskan anak bangsa walaupun dengan pola dan cara yang sangat sederhana. 

Adapun kegiatan yang dilakukan polisi di pulau terluar tepatnya di Desa Tenggayun Raya itu adalah membantu mengantarkan anak-anak yang mau pergi ke sekolah melewati jalan rusak dan berlumpur dengan kendaraan dinas Bhabinkamtibmas, sembari memberikan motivasi kepada anak-anak agar tetap semangat belajar menuntut ilmu meskipun akses yang dilalui sangat tidak memadai.

Kondisi di tempat ini mewakili potret pendidikan di wilayah-wilayah terpencil di Indonesia yang masih minim fasilitas dan butuh sentuhan dan kepedulian banyak pihak.

Desa Tenggayun Raya ini merupakan daerah yang terletak di Pulau Rangsang, wilayah Sumatera di ujung utara bagian Barat Indonesia. Letaknya hanya sekitar 75 kilometer ke daratan negeri jiran tepatnya wilayah Kukup, Johor, Malaysia

Pulau di teras NKRI ini masih minim infrastruktur dan fasilitas publik. Layanan pendidikan hanya berupa sekolah dan akses informasi seadanya.

Adapun personel polisi Polsek Rangsang yang terlibat mengantarkan anak-anak sekolah melewati Jalan Sinyongkong itu diantaranya Ipda Abdul Haris Damanik, Aiptu Andri Kurniawan, Aipda Daniel User dan Brigadir Khairi. 

Wakapolsek Rangsang, Ipda Abdul Haris Damanik mengatakan hal tersebut sebagai bentuk kepedulian Polri untuk anak anak di pulau terluar. Diharapkan mereka tetap semangat untuk meraih cita-cita yang diinginkan.

"Yang kami lakukan ini adalah sebagai bentuk pendekatan Polri dengan masyarakat khususnya anak-anak di Rangsang yang notabene pulau terluar, 
agar mereka cepat sampai ke sekolah dengan dibantu dan diantarkan menggunakan kendaraan dinas. Mereka terlihat senang karena diantar langsung oleh polisi yang peduli dan ramah. Ini juga wujud kepedulian Polri bersahabat dengan anak," tuturnya.

Sementara itu Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul Lapawesean Tenri Guling SIk MH menilai aktivitas sosial yang dilakukan personel Polsek Rangsang itu merupakan ide kreatif dan terobosan sebagai upaya mendekatkan Polri dengan masyarakat.

"Apa yang dilakukan para personel ini hendaknya menjadi contoh bagi personel yang lain," ungkap AKBP Andi Yul

Disebutkan jajaran Bhabinkamtibmas dan anggota Polri lainnya bisa saja mengikuti serta berinovasi seperti yang telah dilakukan. Menurutnya, slogan Polri Presisi bukan hanya ucapan belaka, melainkan harus dibuktikan dalam menjalankan tugas.

Ditambahkan polisi harus bisa menjadi solusi permasalahan sosial yang dihadapi masyarakat dan mampu membangun ikatan emosional dengan masyarakat. Anggota Polri juga harus menjunjung sikap humanis, inspiratif, dan mengedepankan integritas yang tinggi.

AKBP Andi Yul berharap memontum ini dijadikan oleh Bhabinkamtibmas dan seluruh personel sebagai motivasi dalam meningkatkan kinerja dan profesionalisme bertugas, khususnya di jajaran Polres Kepulauan Meranti. 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan