News

Dinkes dan BBPOM Periksa Sejumlah Apotik di Bengkalis

BENGKALIS - Dalam upaya untuk menghindari adanya kelalaian apotik dalam pemberian dan distribusi serta penyimpanan maupun pemilahan obat kepada masyarakat yang dapat berdampak membahayakan.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkalis memastikan akan melakukan pembinaan evaluasi dan akan memantau seluruh apotik khususnya yang baru memperoleh izin operasi di Bengkalis.

"Kita melakukan survei secara mendetail lagi. Kemudian dilakukan pemantauan supaya dalam penyimpanan, maupun distribusi pemilahan obat, atau yang akan memasuki masa kadaluarsa. Karena hal itu juga akan berbahaya ke masyarakat jika apotiknya lalai,"kata Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan Bengkalis Supardi, Jumat 25 Mei 2018 petang kemaren.

Diutarakan Supardi lagi, dengan adanya pendampingan dari Balai Besar Pengawasan Obat-obatan dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru baru baru ini, bahwa dilakukan pemeriksaan juga ke apotik-apotik yang sebelumnya juga sudah dilakukan pemeriksaan.

"Artinya, kita ingin mengetahui apakah ada peningkatan atau perubahan terhadap apotik yang diperiksa sebelumnya," tegas Supardi.

"Ternyata setelah dilakukan pemeriksaan terhadap apotik-apotik sebelumnya yang diperiksa ada hasil yang positif. Artinya, prosedur distribusi, penyimpanan obat ada pembenahan ke arah yang lebih baik," ungkap dia lagi.

Supardi mengaku bahwa sebelumnya distribusi dan penyimpanan obat-obatan sempat mendapat teguran. Walaupun hasil pemeriksaan kali itu menunjukkan hal yang baik, masih ada beberapa hal yang masih menjadi temuan seperti penyimpanan yang kurang tepat dan sudah diarahkan oleh Tim BBPOM Pekanbaru.

"Atas beberapa hal yang masih menjadi temuan itu, Dinkes Kabupaten Bengkalis akan melakukan pembinaan secara berkala. Apotik yang baru beroperasi diimbau untuk terus membenahi sesuai dengan petunjuk dan aturan yang ada," tambahnya.(rgc)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan