News

Danramil 02 Tebing Tinggi Kunjungi Ponpes Darul Fikri

MERANTI - Danramil 02/Tebing Tinggi, Kodim 0303/Bengkalis, Kapten Inf Tarman Sugiarto S.Sos berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Fikri di Desa Banglas Barat, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Selasa (20/02/2024).

Dalam kunjungannya, Inf Tarman didampingi sejumlah personel. Mereka disambut langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren Darul Fikri, Ustadz Fauzi beserta kepala sekolah dan guru, serta siswa-siswi Ponpes Darul Fikri.

Kunjungan Danramil ke Ponpes Darul Fikri dalam rangka memberikan materi-materi wawasan kebangsaan, cinta tanah air dan belanegara kepada siswa-siswi. Dengan tujuan agar lebih mencintai negara Republik Indonesia dan tidak mudah dipecah belah oleh negara asing.

Dikatakan Inf Tarman, bela negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara.

"Setiap warga negara memiliki kewajiban yang sama dalam masalah pembelaan negara. Hal tersebut merupakan wujud kecintaan seorang warga negara pada tanah air yang sudah memberikan kehidupan padanya. Hal ini terjadi sejak seseorang lahir, tumbuh dewasa serta dalam upayanya mencari penghidupan," jelasnya.

Secara fisik, lanjutnya, hal ini dapat diartikan sebagai usaha pertahanan menghadapi serangan fisik atau agresi dari pihak yang mengancam keberadaan negara tersebut, sedangkan secara non-fisik konsep ini diartikan sebagai upaya untuk serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara, baik melalui pendidikan, moral, sosial maupun peningkatan kesejahteraan orang-orang yang menyusun bangsa tersebut.

"Dalam pelaksanaan pembelaan negara, seorang warga bisa melakukannya baik secara fisik maupun non fisik. Pembelaan negara secara fisik diantaranya dengan cara perjuangan mengangkat senjata untuk memperjuangkan dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," pungkasnya. ** 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan