News

Jelang Lebaran, Satpolairud Polres Meranti Pantau Arus Mudik Jalur Laut

Meranti – Polres Kepulauan Meranti melalui Satuan Polairud Polres Kepulauan Meranti, beserta jajarannya telah menggelar pemantauan dan pengamanan di jalur lintas pelabuhan serta arus bongkar muat dan arus mudik lebaran yang melintas melalui pelabuhan laut. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi lonjakan arus mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445H/2024. Jumat, (5/4/2024).

Sebelumnya, telah dilakukan peninjauan terhadap kesiapan pengamanan dan pelayanan di Pelabuhan penumpang, bongkar muat, dan pelabuhan kempang. Langkah-langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa fasilitas pelabuhan siap menghadapi lonjakan aktivitas selama musim mudik.

Dalam kegiatan ini Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Kurnia Setyawan, S.H, S.I.K,  memberikan himbauan kepada para pelaut, baik penumpang maupun awak kapal, untuk selalu memperhatikan keselamatan saat berlayar. Himbauan tersebut mencakup penggunaan jaket pelampung yang wajib dipakai serta pentingnya mematuhi ketentuan keselamatan pelayaran.

"Himbauan ini kami sampaikan guna menekan terjadinya angka kecelakaan laut. Para nakoda kapal diminta untuk selalu waspada terhadap perkembangan cuaca di laut yang sering berubah-ubah. Hal ini dilakukan untuk memastikan keselamatan seluruh penumpang dan awak kapal yang melintas di jalur laut," tegasnya.

Kapolres juga mengingatkan bagi warga Meranti diwilayah seberang kota selatpanjang, yang mengunakan transportasi laut kempang, hendaknya selalu berhati hati, jangan sampai berdesak desakan melebihi kapasitas muatan yang bisa mengakibatkan kecelakaan laut.

"Kepada warga yang mengunakan kempang hendaknya jangan sampai berdesakan. Dan bagi Nahkoda dan ABK kapal kempang pun jangan sampai memaksa muatan yang bisa mengakibatkan fatal bagi penumpang," tutupnya.

Dengan adanya upaya pemantauan dan pengamanan dari Satuan Polairud Polres Kepulauan Meranti, diharapkan dapat tercipta kondisi yang aman dan tertib bagi para pelaut yang melakukan perjalanan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445H/2024. 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan