News

Kapolres Ajak Semua Elemen Sukseskan PSU di TPS 002 Tanjung Peranap

MERANTI - Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Kurnia Setyawan SH SIk mengajak semua elemen di wilayah itu untuk menyukseskan pemungutan suara ulang (PSU) Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan di TPS 002 Desa Tanjung Peranap, Kecamatan Tebingtinggi Barat pada 29 Juni mendatang.

Ajakan tersebut disampaikan AKBP Kurnia saat mengikuti sosialisasi PSU di Desa Tanjung Peranap, Minggu (23/6/2024) pagi.

Kapolres mengatakan bahwa Polri siap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) kondusif di Desa Tanjung Peranap, baik itu menjelang, hari pelaksanaan, dan setelah pelaksanaan PSU, sehingga masyarakat dipastikan tidak akan mendapatkan intervensi dari pihak manapun.

"Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, masyarakat Tanjung Peranap tentu dapat mengetahui rangkaian serta tahapan menjelang PSU dan Panitia Pelaksana yang diambil alih oleh KPU Kepulauan Meranti," ujar AKBP Kurnia.

Selanjutnya, Kapolres mengajak masyarakat untuk dapat menyukseskan PSU yakni dengan turut hadir mengikuti pelaksanaan dan tidak golput, serta melapor apabila mendapatkan tekanan dari pihak luar pada saat pelaksanaan PSU.

"Hindari money politik yang ditawarkan Partai-partai maupun Calon Anggota DPRD yang akan dipilih, dikarenakan dapat mencederai konstitusi hak pilih serta dapat dikenakan sanksi bagi penerima maupun pemberi," pesannya.

Selain Kapolres, sosialisasi PSU di Desa Tanjung Peranap juga turut dihadiri Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti Syamsurizal, Ketua KPUD yang diwakili sejumlah komisioner, Danramil 02/Tebing Tinggi diwakili Babinsa Tanjung Peranap Sertu Suritno, kemudian para Kabag, Kasat, dan Kapolsek jajaran Polres Kepulauan Meranti, Anggota KPPS dan PPK, Panwascam, serta para peserta sosialisasi yang berjumlah kurang lebih 50 orang.

Ketua KPUD Kepulauan Meranti yang diwakili Koordinator Divisi Penyelenggara Pemilu, Romi Indra menjelaskan jika Mahkamah Konstitusi telah mengeluarkan putusan dan memerintahkan KPU Kepulauan Meranti untuk melakukan PSU untuk pemilihan DPRD Meranti dapil IV di TPS 002 Desa Tanjung Peranap.

"PSU di Desa Tanjung Peranap ini akan dilaksanakan pada 29 Juni 2024. Adapun perangkat pelaksana PSU yaitu KPPS akan ditetapkan oleh KPU Kepulauan Meranti," ungkapnya.

Ditambahkan Koordinator Divisi Hukum KPUD Kepulauan Meranti, Husni Setiawan bahwa bagi masyarakat yang mendapatkankan undangan untuk melaksanakan PSU nantinya agar dapat hadir pada hari pelaksanaan.

Husni menyebutkan, DPT di TPS 002 Tanjung Peranap yang akan melaksanakan PSU berjumlah 297 orang.

"Apabila masyarakat Desa Tanjung Peranap menemukan kendala atau problem segera konsultasi dengan saya terkait PSU," bebernya.

Sementara Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti, Syamsurizal menyampaikan kepada masyarakat Tanjung Peranap untuk menolak money politik, karena hak suara masyarakat bebas untuk memilih dan tidak boleh diintervensi maupun intimidasi dari partai-partai atau calon pilih.

"Pilihlah calon yang yang dapat membangun desa bukan hanya janji-janji maupun yang mencoba untuk membeli suara masyarakat Desa Tanjung Peranap," kata Syamsurizal. **



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan