News

106 Puskesmas di Riau Siaga 24 Jam Selama Lebaran

PEKANBARU - Dinas Kesehatan Provinsi Riau menyebut 106 Puskesmas di jalur mudik dan daerah wisata akan siaga selama 24 jam selama libur lebaran 2018.

"Tak hanya Puskesmas, kita juga minta RS milik pemerintah dan swasta untuk siaga," kata Kepala Diskes Riau, Mimi Yuliani Nazir, Selasa (13/6/2018). 

Selain Puskesmas dan RS, tambah Mimi, di setiap Posko Operasi Ketupat Muara Takus juga disiagakan ambulance dan tenaga kesehatan secara bershift selama 24 jam. 

"Itu untuk antisipasi sekiranya ada kecelakaan lalulintas yang terjadi, sehingga korban mendapatkan pertolongan sesegera mungkin," ujarnya. 

Lebih lanjut disampaikan Mimi, pihaknya juga terlibat dalam posko-posko mudik terpadu di sepanjang jalur mudik. Di posko itu pemudik bisa mengecek kesehatan atau meminta obat-obatan ringan. 

"Kalau posko kita disesuai dengan posko mudik terpadu yang jumlahnya 97 posko. Setiap posko kita mengisi tenaga kesehatan di sana, itu ada 1 dokter dan 3 perawat dalam 1 shift, yang satu harinya terdapat 3 shift," terangnya. 

Kemudian Diskes Riau juga menyiagakan ambulance sebanyak 60 unit di pos mudik terpadu, dan 20 ambulance dukungan rumah sakit pemerintah daerah. 

"Jadi ada ambulance di-standbay untuk rujukan ke puskesmas atau rumah sakit terdekat kalau pasien tidak bisa ditangani dokter di posko," pungkasnya. (mcr)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan