Riau

Jelang Idul Adha, DKPP Dumai Periksa Kesehatan Hewan Kurban

DUMAI - Sebanyak 10 dokter hewan disiapkan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Dumai untuk memeriksa kesehatan sapi di lokasi penjualan dan pengepulan hewan kurban Idul Adha 1439 H.

Kepala DKPP Dumai Hadiono mengatakan, dokter hewan bersama 50 anggota tim pengendali dan pemeriksaan hewan kurban ini untuk memastikan kondisi kesehatan kurban sebelum dijual dan disembelih saat Idul Adha nanti.

"Tim pemeriksaan hewan kurban kita sebar di semua kecamatan dumai untuk memantau kesehatan hewan kurban," kata Hadiono kepada wartawan, Senin.

Dijelaskan, hewan kurban setelah diperiksa dan dinyatakan sehat akan diberi bukti berupa kalung dan bukti surat kesehatan hewan ternak.

DKPP Dumai mengimbau agar pedagang hewan kurban di tidak menjual hewan yang sakit, dan tidak akan memberi surat keterangan sehat bagi hewan kurban kepada penjual atau pengepulnya.

"Surat keterangan sehat tidak akan dikeluarkan apabila hasil pemeriksaan hewan kurban tidak sehat atau sakit," sebutnya.

Berapa jumlah kebutuhan hewan kurban, sejauh ini tidak bisa dipastikan karena belum menghitung, dan akan dilakukan dalam beberapa hari menjelang hari raya kurban tersebut.(mcr)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan