Riau

APBD Riau 2019 Hanya Tinggal Sekitar Rp8,1 Triliun

PEKANBARU - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau Tahun 2019 diperkirakan hanya tinggal sekitar Rp8,1 triliun. Jika dibandingkan dengan APBD tahun ini yang mencapai Rp10,09 triliun lebih, artinya tahun depan akan terjadi penurunan sekitar 20 persen.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Ahmad Hijazi mengatakan, bahwa angka Rp8,1 triliun itu diperoleh dari potensi pemasukan dari pendapatan daerah.

"Sekarang itu belanja harus berbasis pendapatan. Kalau dari sisi pendapatan diangka itu. Dan itu sudah maksimal. Kita tidak berharap banyak dari sektor pendapatan lain. Angka tersebut atas perkiraan Silpa nol persen hingga 50 persen," kata Sekdaprov Riau ini di Pekanbaru, Kamis (25/10/2018).

Hijazi menjelaskan, Pemprov Riau tidak mau ambil risiko dengan meningkatan angka belanja jika tidak mengacu pada potensi pendapatan. Ia menjelaskan, bahwa angka Rp8,1 triliun itu mengabaikan potensi pendapatan dari dana transfer pusat dalam bentuk Dana Bagi Hasil (DBH). 

"Angka itu sudah kita kurangi dengan perkiraan kalau seandainya ada tunda salur DBH triwulan empat pada 2018. Harus seperti itu, karena pengalaman kita di tahun 2018," tandasnya.(mcr)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan