Riau

Siap Kawal Pilkada Serentak 2024, Panwascam Tebingtinggi Lantik 9 PKD

Pelantikan yang berlangsung di Gedung Kuning Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Sabtu (1/6/2024) siang.

MERANTI - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Tebingtinggi melakukan pelantikan terhadap 9 Pengawas Keluhan Desa (PKD) untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

Pelantikan PKD untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti itu dipimpin oleh Ketua Panwascam Tebingtinggi, Ozi Wirman, S.IP, bertempat di Gedung Kuning Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Sabtu (1/6/2024) siang.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan Mars Bawaslu yang diikuti oleh seluruh peserta dan hadirin yang hadir. Dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan dan pelantikan serta penandatangan pakta integritas.

Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti, Syamsurizal, S.IP, M.IP dalam sambutannya  menyampaikan bahwa PKD yang dilantik merupakan hasil dari rekrutmen yang dilakukan oleh Panwascam mulai dari proses seleksi administrasi, wawancara hingga terpilih untuk dilantik.

"Pesan dari kami, amanah yang diemban ini jagalah dan laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya demi mengawal pesta demokrasi 2024 agar berjalan dengan aman, damai dan demokratis tentunya," pesannya.

Syamsurizal juga meminta kepada PKD yang baru saja dilantik itu untuk berkoordinasi secara aktif dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan di pesta demokrasi yang akan dilaksanakan nantinya.

"Koordinasi itu penting, baik itu berkoordinasi sesama rekan-rekan penyelengggara, PPK, PPS maupun stakeholder terkait baik pemerintah kecamatan, polsek, maupun pemerintah desa. Karena dalam menyukseskan pemilu ini tidak bisa hanya penyelenggara saja, tetapi butuh kolaborasi seluruh elemen masyarakat yang ada demi tercapainya pemilu yang jujur, adil dan demokratis," ungkapnya.

Syamsurizal juga meminta kepada PKD yang dilantik tersebut untuk bekerja dengan sungguh-sungguh dan menjalin kerjasama yang baik dengan pihak-pihak terkait.

"Kepada kawan-kawan yang baru dilantik agar mencintai pekerjaan ini walaupun pekerjaan ini hanya sementara, dalam artian hanya pada proses tahapan kepala daerah saja. Kita tidak melarang kawan-kawan melakukan pekerjaan lain namun jangan jadikan pekerjaan ini sebagai sampingan, jadi saya mohon laksanakan pekerjaan ini dengan penuh rasa tanggungjawab," pintanya.

Sementara itu, Ketua Panwascam Tebingtinggi, Ozi Wirman, S.IP, menyampaikan pesan agar PKD menjaga integritas. Menurut Ozi integritas menjadi nomor satu yang harus dimiliki oleh seorang penyelenggara.

"Hari ini sahabat dilantik, keluar dari rumah akan menjadi perhatian oleh kawan-kawan saudara, oleh tetangga dan oleh masyarakat. Mereka hanya tau saudara-saudara adalah penyelenggara, maka saudara harus mengedepankan integritas selama sepuluh bulan kedepan," pesannya.

Ozi Wirman juga mengingatkan agar PKD menjaga nama baik dan bisa menjalankan fungsi pengawasan dengan tidak mendukung salah satu pasangan calon yang akan bertarung di Pilkada 2024 mendatang.

"Kami tidak mau mendengar saudara-saudara terlibat mendukung salah satu calon kepala daerah atau bersubahat dengan tim-tim salah satu calon dan ini harus dijaga. Kami Panwascam Tebingtinggi sangat mempercayai teman-teman sebagai pengawas pemilihan kepala daerah ditingkat desa, oleh sebab itu  saya berharap sungguh agar kawan-kawan menjaga integritas," harapnya.

Dalam kesempatan itu, Ozi juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Bawaslu Kepulauan Meranti yang telah memberikan kepercayaan kepada pihaknya untuk mengawal pesta demokrasi khususnya di Kecamatan Tebingtinggi.

"Kepada ketua Bawaslu kabupaten kami mengucapkan terimakasih atas bimbingannya yang mempercayai kami untuk melaksanakan pengawalan, pengawasan khususnya di Kecamatan Tebingtinggi ini. Kepada Kapolsek terimakasih koordinasi yang baik dan mudah-mudahan kedepan bisa lebih baik lagi dan PPK dan anggota juga kami ucapkan terimakasih atas kerjasamanya," ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Kapolsek Tebingtinggi, AKP Gunawan, SH, anggota Panwascam Tebingtinggi, Firdaus dan Saripah, perwakilan PPK, Pj Kades Alahair, Amri serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Kegiatan ditutup dengan pembacaan doa dan diakhiri dengan menyanyikan lagu Padamu Negeri dan pemberian ucapan selamat sekaligus foto bersama.

Adapun 9 PKD yang dilantik yakni, Kurniawan, S.Pd untuk PKD Kelurahan Selatpanjang Kota, Lukman, SE Kelurahan Selatpanjang Timur, Lia Fitria Selatpanjang Barat, Pebriwantoni Kelurahan Selatpanjang Selatan, Helmi Desa Banglas, Kamarul Desa Banglas Barat, Nuraini Desa Alahair, Sudirman , Alahair Timur, Yulis Maryani, Desa Sesap.**



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan