Pendidikan

Tahun Ini, UN Tingkat SMP Sederajat di Meranti 100 Persen Berbasis Komputer

MERANTI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Dinas Pendidikan (Disdik) terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas penyelenggaraan Ujian Nasional (UN).

Untuk penyelanggaraan UN tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat misalnya, tahun 2019 ini seluruh SMP sederajat di Kepulauan Meranti diupayakan menyelenggarakan UN Berbasis Komputer (UNBK).

“Tahun ini, jumlah SMP sederajat di Meranti yang akan melaksanakan UN sebanyak 81 sekolah, terdiri dari 46 SMP dan 35 MTS, atau 3.324 siswa dengan rincian SMP 2.056 dan MTS 1.268 siswa. Insa allah, semuanya akan melaksanakan UN berbasis komputer," ungkap Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kepulauan Meranti, Syafrizal SPd, Jumat (8/3/2019).

Dijelaskannya, UN SMP sederajat dilaksanakan 22-25 April 2019 mendatang. Sedangkan Ujian susulan dilaksanakan 4 hari kemudian selama 2 hari, tanggal 29-30 April 2019.

“Sementara untuk ujian paket B, dilaksanakan tanggal 10-13 Mei 2019," imbuhnya.

Melalui berbagai upaya yang dilakukan, termasuk sosialisasi penyelenggaraan UN untuk Kepala SMP sederajat, Syafrizal berharap hasil UN untuk tahun 2019 meningkat.

"Tahun lalu, kan kita berada di peringkat lima dari 12 kabupaten/kota di Provinsi Riau. Mudah-mudahan tahun 2019 ini, prestasi tersebut meningkat. Target kita tiga besar," ujarnya.

Dari tahun ke tahun momen UN memang selalu menjadi perhatian banyak pihak. Tak hanya pemerintah, melainkan juga orang tua murid serta pihak sekolah.

"Orang tua juga berperan dalam mempersiapkan sang buah hati dengan memberikan dukungan dan motivasi," kata Kepala SMP 1 Tasik Putripuyu, Ibrahim.

Pihak sekolah sendiri, sambung Ibrahim, berupaya mempersiapkan kegiatan pemantapan kepada siswa melalui aktivitas pendalaman materi, serta pelatihan tata cara ujian.

"Terlebih sistem UNBK. Namun di SMP 1 Tasik Putripuyu, simulasi satu dan dua sudah kita lakukan. Dan, empat mata pelajaran yang akan diujikan, diantaranya Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), kita tambah jam belajarnya," jelas dia.

Tahun 2019 merupakan tahun pertama SMP 1 Tasik Putripuyu melaksanakan UN Berbasis Komputer, Ibrahim tak menafikan jika ada rasa khawatir akan kesiapan para siswa. Namun dia tetap berharap kelulusan 100 persen seperti tahun-tahun sebelumnya.

Karenanya, kepada siswa tetap diingatkannya untuk lebih giat dalam belajar, serta banyak berdoa.

"Insya allah kita siap. Dan rencananya UNBK pertama ini kita akan numpang di SMA 1 Tasik Putripuyu, karena di sekolah tersebut lengkap peralatannya," bebernya.(*)

Penulis : Masnur/RTM2



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan