Parlemen

Komisi IV DPRD Riau akan 'Sidak' Legalitas Operasional Perusahaan

PEKANBARU - Banyaknya perusahaan, baik perkebunan, kehutanan, batu bara, industri dan lainnya yang beroperasi di Provinsi Riau diduga menyalahi ketentuan operasional atau undang-undang yang berlaku. Karenanya, Komisi IV DPRD Riau akan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) yang akan dilakukan secara terpadu dengan melibatkan instansi terkait.

"Kita sudah jadwalkan, waktunya setelah pelaksanaan pemilu yang tinggal beberapa hari lagi. Sekarang kawan-kawan lagi sibuk kampanye di daerah masing-masing. Kita juga lakukan lintas Komisi, selain Komisi IV juga dengan Komisi III. Kemudian seluruh intansi dan OPD terkait termasuk Dinas Perhubungan, Bappeda, Kepolisian dan lainnya," jelas Asri Auzar, anggota Komisi IV DPRD Riau, Jumat (12/04).

Disampaikan juga, upaya yang dilakukan sebagai bentuk pengawasan terhadap daerah. Mereka cari makan atau beroperasi di Riau, sementara apa yang diberikan untuk daerah tidak sebanding dengan dampak yang ditimbulkan untuk daerah. Mulai dari kerusakan jalan, Amdal dan lain sebagainya. 

"Kita tidak anti investasi, tapi mereka dalam operasional haruslah mengikuti aturan atau ketentuan yang berlaku," sebut Ketua DPD Demokrat Riau ini juga.

Sementara itu saat dikonfirmasi mengenai agenda yang dilakukan, legislator asal Dapil Rokan Hilir ini kembali menyebutkan, akan mengecek segala legalitas usaha yang dilakukan selama ini. Seperti akan melakukan pengecekan terhadap SIUP, IUP, pajak, kendaraan angkut yang digunakan apakah plat BM, tonase kendaraan dan lainnya. 

"Jadi kita lihat semuanya, tidak hanya usaha CPO, Log, Batu Bara, semuanya. Termasuk luas kawasan usaha apakah sesuai izin dan lainnya," pungkasnya. (MC Riau)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan