News

Wagubri Kenalkan 3 Potensi Besar di Riau

PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution memaparkan tiga potensi besar yang dimiliki Riau, yakni kelapa sawit, kelapa, dan sagu, kepada Pohang Techno Park Korea Selatan.

Hal tersebut disampaikannya saat menyambut kunjungan bisnis dari Pohang Techno Park Korea Selatan di Ruang Rapat Wakil Gubernur, Kamis (18/7).

Edy Natar berharap jika terjalin kerjasama antara Riau dengan pihak luar, hendaknya tiga potensi ini bisa diolah dengan bentuk kerja sama yang baik.

"Ini semua merupakan potensi kekayaan yang dimiliki Riau," ujarnya.

Diungkapkannya bahwa di Riau terdapat luas lahan sawit sekitar 2.423.801 Ha. Dengan luas lahan sawit tersebut nantinya bisa bernilai infestasi dan dikembangkan kedepannya. Potensi kepala sawit ini jika nanti dikembangkan akan berada di kawasan industri Dumai, Buton Siak dan Pelalawan.

"Kami berharap ini ada nilai infestasinya bagi Riau," lanjut Edy.

Edy kemudian mengatakan, untuk potensi sagu terdapat pengembangan potensi di lima kabupaten yakni Kepulauan Meranti, Indragiri Hilir (Inhil), Siak, Pelalawan dan Bengkalis. 

"Namun potensi terbesar ada di Kepulauan Meranti dan Inhil," lanjutnya.

Sedangkan untuk potensi kelapa, yang terbesar terdapat di Kabupaten Inhil yakni sebesar 391.745 Ha dengan produksi sebesar 421.654.ton/tahun.

Salah satu anggota tim kunjungan Korea Selatan, Ricard Lee menyampaikan, kunjungan ini adalah untuk mengadakan kerjasama yang baik antara Korea Selatan dengan Riau melihat begitu banyak potensi yang di miliki Riau.

"Sayang kalau tidak dipergunakan dan diolah dengan baik, Riau kaya akan potensi yang besar," tutup Lee. (MC Riau)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan