News

JCH Meranti Ikut Bimbingan Manasik Haji

MERANTI - Waktu Wukuf di Arafah akan segera tiba untuk itu agar ibadah yang dilaksanakan berjalan dengan aman dan lancar  seluruh Jemaah Calon Haji (JCH) Meranti yang tergabung dalam Kloter 6 Embarkasi Antara Pekanbaru diberikan pembekalan.

Bimbingan dan pembekalan Manasik Haji dipusatkan di Hotel As Sabiq Mekal Al-Mukaromah yang dipimpin langsung oleh H. Mustamin.

"Minggu (4/8/2019) kemarin, seluruh Jemaah Calon Haji Meranti diberikan bimbingan manasik, kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan kepada jemaah dalam menjalankan ibadah Wukuf di Arafah agar berjalan aman dan lancar," demikian dikatakan Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, dari informasi Ketua TPHD Meranti Ustadz Mustafa.

Dalam bimbingan Manasik tersebut dijadwalkan waktu Wukuf di Arafah Tanggal 9 Zulhujah, selanjutnya melakukan Mabit di Mina dan Musdalifah serta Sholat Jamak Qashar. Mabit di Maudalifah akan dimulai sejak terbenam matahari sampai lewat tengah malam hingga masuk 10 Zulhijah.

"Bagi yang sehat wajib di Musdalifah, bagi yang sakit atau mengurus orang sakit tidak wajib mabit di Musdalifah," jelas Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra.

Sementara Mabit di Mina di informasikan Ustadz Mustafa akan digelar pada malam hari Tasrik yaitu 11,12,13  Zulhijah. Bagi mengambil Napar awal Mabit dimina sejak tanggal 11 dan 12 Zulhijah.

"Apabila tidak melakukan Mabit dimina maka wajib membayar DAM 1 ekor Kambing atau denda memayar makanan pokok kecuali uzur," jelasnya lagi.

Kepada Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra, Ketua TPHD Meranti Ustadz Mustafa juga menyampaikan berita Duka dari Mekah dimana salah seorang Jemaah Calon Haji Kloter 6 yang berasal dari Kabupaten Inhu meninggal dunia. 

Almarhum atas nama Sugiati Binti Saliman meninggal dunia pada hari Minggu (4/8/2018), sekira pukul 01.40 waktu Arab Saudi.

"Saat ini jenazah telah dikebumikan di Mekah, dan saat dikebumikan kita telah menggelar doa bersama," papar Ustadz Mustafa.

Terkait kondisi Jemaah Calon Haji Meranti sendiri diakui Ketua TPHD Meranti Ustadz Mustafa, berada dalam kondisi sehat wal afiat.

"Alhamdulillah seluruh Jemaah Meranti berada dalam keadaan sehat wal afiat sehingga dapat menjalankan rukun wajib dan sunah haji," pungkasnya. (Hms)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan