Pendidikan

Kadisdikbud Meranti Hadiri Sosialisasi Program BOS Afirmasi dan Bos Kinerja Tahun 2019

MERANTI - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kepulauan Meranti, Drs, H, Nuriman Khair MH, menghadiri kegiatan Sosialisasi Program Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Afirmasi dan BOS Kinerja untuk jenjang SD dan SMP se-Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2019.

Kegiatan berlangsung di ruang serbaguna SMP Negeri 1 Tebingtinggi, Jalan Teuku Umar, Selatpanjang Barat, Selasa (24/9/2019) pagi. Diikuti 101 sekolah penerima BOS afirmasi dan BOS kinerja jenjang SD dan SMP se-Kepulauan Meranti.

Hadir mendampingi Kadisdikbud Kepulauan Meranti, diantaranya Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Kepulauan Meranti Syafrizal S.Pd, Kasi Kurikulum SMP di Disdikbud Kepulauan Meranti Adi Herman, Kasi Kurikulum SD di Disdikbud Kepulauan Meranti Muhammad Nazir S.Pd, Koordinator Pengawas Kabupaten Syafrial S.Pd, juga Kepala SMP Negeri 1 Tebingtinggi, Alfian Husin.

Dalam penyampaiannya, Nuriman mengatakan, bantuan BOS afirmasi diperuntukkan bagi sekolah terluar, terdepan dan tertinggal (3T). Sementara bantuan BOS kinerja, diperuntukkan bagi sekolah yang kinerjanya bagus.

"Jadi, bapak ibu harus bersyukur atas bantuan pemerintah ini. Bantuan ini tentunya dalam rangka untuk meningkatkan mutu pendidikan. Digunakan untuk pembelian perangkat digital. Ini juga sebagai jawaban dalam menghadapi era revolusi industri 4.0," ujarnya.

Jadi, sambung Nuriman, hal ini menyangkut dengan pembelajaran sistem aplikasi. Di mana dengan perangkat itu nantinya, sekolah khususnya anak kelas VI bisa mengakses aplikasi pembelajaran berupa ruang guru.

"Kita berharap perangkat yang pembelanjaannya dilakukan langsung oleh pihak sekolah ini, nantinya bisa dirawat dan dimanfaatkan dengan baik," pesannya.

Dengan pembelajaran secara digital nantinya, Nuriman berharap anak bisa lebih kreatif. Dan jika tahap awal berjalan sesuai harapan, bermanfaat dan signifikan dengan peningkatan mutu pendidikan, menurutnya akan dikembangkan ke seluruh sekolah termasuk kelas V hingga kelas I, serta pengadaan perangkat diupayakan melalui anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) kabupaten.

"Hal yang perlu kita perhatikan, yakni melatih para guru dalam mengoperasikan perangkat ini, sehingga guru nantinya bisa mengajarkan ke muridnya. Tujuan pembelajaran sistem digital ini, bagaimana kedepannya dalam proses belajar mengajar itu guru tidak lagi berada di depan, melainkan mereka membimbing, sehingga anak lebih kreatif," pungkasnya.

Adapun 101 sekolah penerima dana BOS afirmasi dan BOS kinerja di Kabupaten Kepulauan Meranti, diantaranya 91 satuan penerima BOS afirmasi, meliputi Kecamatan Tebingtinggi sebanyak 2 SD, Tebingtinggi Barat 12 SD dan 3 SMP, Tebingtinggi Timur 4 SD dan 1 SMP, Rangsang 14 SD dan 3 SMP, Rangsang Barat 11 SD dan 1 SMP, Rangsang Pesisir 10 SD dan 1 SMP, Merbau 6 SD dan 1 SMP, Pulau Merbau 5 SD 3 SMP, Tasik Putripuyu 9 SD dan 1 SMP.

Kemudian, untuk satuan penerima BOS kinerja sebanyak 10 sekolah. Diantaranya, SD Negeri 10 Selatpanjang Timur, SD Negeri 12 Selatpanjang Selatan, SMP Negeri 1 Tebingtinggi, SD Negeri 8 Teluk Buntal, SD Negeri 15 Sungau Gayung Kiri, SD Negeri 6 Tanjung Kulim, SD Negeri 6 Renak Dungun, SD Negeri 6 Selat Akar, SD Negeri 11 Mengkirau, dan SMP Negeri 2 Tasik Putripuyu," sebutnya. (rtm2)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan