News

Musrenbang Kecamatan Sinaboi, Peningkatan Akses Ekonomi Jadi Prioritas

ROHIL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tingkat Kecamatan Sinaboi tahun 2020. 

Musrenbang dan RKPD ini merupakan suatu rangkaian dalam rangka pengusulan kegiatan untuk tahun 2021 dan Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Sinaboi beserta seluruh masyarakat menjadikan sektor infrastruktur sebagai usulan prioritas. 

Sebelum Musrembang dilaksanakan, Pemcam Sinaboi sudah terlebih dahulu melaksanakan rapat bersama datuk penghulu, kepala sekolah, dan upika kecamatan lainnya, untuk menyampaikan usulan yang akan dirangkum dan disesuaikan dengan program-program masing-masing dinas kemudian dijadikan program skala prioritas. 

Untuk infrastruktur Kecamatan Sinaboi secara keseluruhan sudah terpenuhi hanya beberapa jalan yang masih perlu diperbaiki di antaranya Jalan Koala di Kepenghuluan Raja Bejamu, Jalan Kampung Aman dan Jalan Poniman Kepenghuluan Sungai Bakau, dan ini merupakan akses-akses ekonomi yang perlu mendapat perhatian, kata Camat Sinaboi T.M Hasyim, S.Sos usai Musrenbang tingkat kecamatan di Kantor kecamatan setempat, Senin (10/02/2020). 

“Yang kami usulkan memang untuk meningkatkan jalur perekonomian masyarakat. Harapan kami dengan lancarnya akses jalan tersebut dapat meningkatkan hasil jual tanaman masyarakat karena ongkosnya berkurang,” ujar Hasyim. 

Di Kecamatan Sinaboi, Jelas Hasyim, yang paling berat adalah mengenai jembatan Sinaboi yang sudah beberapa kali diusulkan baik itu di tingkat kabupaten, provinsi bahkan pusat dan ini sudah dilakukan peninjauan oleh orang pusat tersebut. 

Dibangun atau tidaknya, lanjut Hasyim, ini tergantung kepada dinas terkait dan pemerintah kecamatan sudah jemput bola memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Untuk diketahui, Kecamatan Sinaboi merupakan daerah perbatasan, maka dari itu pemerintah daerah berharap dana pusat dapat mengalir di Kecamatan Sinaboi untuk pembangunan.

Selain itu, Kecamatan Sinaboi juga salah satu Kecamatan skala prioritas di Kabupaten Rokan Hilir dari tiga Kecamatan skala prioritas yaitu Kecamatan Bangko, Sinaboi dan Panipahan. 

“Harapan masyarakat jembatan Sinaboi dapat dibangun terlebih dahulu dengan rentang jembatan 100 Meter lebih dan Lebar 5 Meter tentu ini memiliki banyak biaya, dimana jembatan ini sebagai akses penghubung,” kata Hasyim. (rif)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan