Pemerintah Daerah

Ketua Amrizal: Masyarakat jangan Panik Hadapi Covid-19

Ketua IKMR Dumai, Amrizal SH

DUMAI - Ketua Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Kota Dumai mengimbau masyarakat tidak panik menghadapi Coronavirus Disease (Covid-19) yang sudah dinyatakan pandemi oleh lembaga kesehatan dunia atau WHO.

 

“Kami imbau masyarakat tidak panik. Bila ada indikasi Covid-19, segera merujuk kepada puskesmas terdekat dan atau ke RS yang telah ditunjuk pemerintah melalu Dinkes,” kata Ketua IKMR, Amrizal SH, Amrizal (5/4/2020).

 

Amrizal mengajak masyarakat kota Dumai khususnya warga Minang di Kota Dumai mematuhi imbauan pemerintah untuk mengantisipasi dan pencegahan penularan penyakit virus corona.

 

"Jangan terlalu takut sehingga munculnya kepanikan dan juga jangan terlalu berani tanpa pedoman protokol kesehatan terkait Covid-19 dengan artian selalu pedomani himbauan pemerintah untuk antisipasi wabah ini, karena resiko sangat tinggi terhadap diri sendiri dan berdampak ke orang lain," katanya.

 

Sudah seharusnya masyarakat tidak ngeyel dan mau berdiam diri di rumah sementara. Ia mengingatkam warga minang yang harus keluar rumah untuk mencari nafkah agar membatasi interaksi atau social distancing dengan selalu menjaga jarak aman sesuai imbauan pemerintah.

 

Lanjutnya, selalu memerhatikan kesehatan dan kebersihan dengan sering cuci tangan, sesering mungkin menggunakan Handsanitizer, menggunakan masker dan yang lebih penting kurangi bepergian dan berkumpul kumpul.

 

"Karna kita menghadapi wabah yang tidak nampak dengan kasat mata, jadi untuk warga minang yang jualan tetaplah hati hati dan jaga jarak aman sesuai yang sudah ditentukan, bagi yang kedai kopi, rumah makan dan restoran ikuti anjuran pemko memberlakukan pembelian bungkus (Take Away, red)," ungkapnya.

 

Amrizal juga mengimbau untuk seluruh pengurus Ikatan Keluarga (IK) dibawah naungan IKMR bersinergi bersama pemerintah Kota Dumai untuk meneruskan pesan dan imbauan Walikota Dumai kepada masyarakat minang. Ia menekankan perlunya kerjasama semua pihak mulai dari pemerintah hingga para pelaku usaha. 

 

"Apalagi sekarang sudah ada media sosial diantaranya pesan singkat WhatsApp, Facebook, dan lain sebagainya, sehingga memudahkan kita menyebarkan informasi maupun imbauan dari Pemko Dumai," katanya.

 

Tidak hanya itu, Amrizal menilai ancaman di tengah mewabahnya Covid-19 tidak hanya virus itu sendiri. Ia menganggap ancaman terberat yang juga timbul di tengah penyebaran virus Corona yakni hoax terkait virus tersebut. Amrizal menekankan warga minang harus bisa meluruskan hoax terkait virus Corona. 

 

"Dan yang paling penting jangan terlalu percaya dengan informasi tak jelas, sehingga kesannya menakutkan, hati hati info hoak, perkuat iman dan banyak ibadah di rumah," tutupnya. (*)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan