Pemerintah Daerah

Kunjungi UMRI, Bupati Meranti Jajaki Peluang Kerjasama

 MERANTI - UPAYA Bupati Kepulauan Meranti HM Adil untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) daerah terus digesa. Setelah menjalin kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di dalam dan luar daerah, terakhir dia menjajaki peluang kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI). 

Hal itu terungkap dalam kunjungan Bupati dan rombongan ke kampus UMRI di Pekanbaru, Rabu (9/6/2021) sore. Kunjungan tersebut memanfaatkan celah waktu sebelum terbang ke Jakarta untuk menghadiri rapat di Kemendagri. 

Dalam kunjungan ini, Bupati didampingi Asisten I Setda Syamsuddin, Plt. Kadis Pendidikan Agusyanto, Kadis Kesehatan Misri Hasnato, Kadis Dukcapil Ramdan, Kabag Kesra Alfian dan Kabag Humaspro Rudi Hasan. Sementara dari UMRI menyambut langsung Rektor Dr. H. Mubarak, M.Si dan sejumlah staf pengajar termasuk pembina UMRI Prof HM Nazir. 

"Kami memiliki sekitar 8.000-an mahasiswa baik dari Riau, Sumatera bahkan dari Pulau Jawa. Jumlah mahasiswa asal Meranti di sini sekitar 200-an. Jumlah ini masih sangat kecil dan kami berharap semakin banyak anak Meranti kuliah di sini karena ada berbagai jurusan yang dapat menunjang perkembangan pembangunan daerah," papar Dr Mubarak. 

Diantara jurusan pendidikan yang tersedia adalah Teknik Informasi, Keperawatan, dan Kebidanan yang merupakan jurusan baru. UMRI sendiri memiliki delapan fakultas dengan 26 jurusan. 

"Kami juga memiliki program beasiswa dimana kami langsung mendatangi calon mahasiswa yang akan diberikan beasiswa. Tujuan kami untuk menjadi perguruan tinggi yang bermarwah dan  bermartabat. Ini sejalan dengan visi Pak Bupati Meranti yang ingin menjadikan Meranti Maju Cerdas dan Bermartabat," tambah dia. 

Sedangkan Bupati HM Adil.mengaku terkesan dengan perkembangan UMRI. Dia melihat UMRI berkembang pesat menjadi salah satu perguruan tinggi besar di Riau. Untuk itulah Bupati Adil mengaku sangat tertarik menjalin kerjasama peningkatan SDM daerah dengan UMRI. 

"Salah satu program strtaegis kita mewujudkan Meranti cerdas adalah dengan menyediakan beasiswa untuk 5.000 orang jejang S1, S2, dan S3. Salah satu jurusan yang dibutuhkan itu adalah teknologi informasi untuk mendukung program Meranti Smartcity. Kami juga masih membutuhkan banyak tenaga kesehatan," papar Bupati. 

Dalam kunjungan itu Bupati sempat meninjau server milik UMRI. Bupati berharap pihak UMRI juga memberikan beasiswa untuk mahasiswa asal Meranti. (Adv) 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan