Ekonomi

Mahasiswa Manajemen UMRI Edukasi Anggaran Bisnis Usaha Batako Maju Jaya di Kampar

Khaidir saat diwawancarai oleh mahasiswa UMRI

KAMPAR - Anggaran merupakan alat manajemen yang memiliki peran sangat penting dalam proses pencapaian tujuan. Peranan anggaran dalam bisnis adalah sebagai alat perencanaan. Agar berhasil mencapai tujuannya, maka sebuah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) perlu melakukan sebuah perencanaan. Hal ini bertujuan agar UMKM mempunyai petunjuk dalam membuat keputusan harian dalam rangka operasional bisnisnya. 

Khaidir merupakan salah satu pemilik usaha Batako Maju Jaya yang beralamat di Desa Pulau Tarap, Kabupaten Kampar, Riau. Pria yang berusia 36 tahun sudah cukup lama berkecimpung dalam menjalankan usaha ini dari harga semen Rp6.000 sampai sekarang dengan harga Rp65.000. Saat ini, Usaha Batako "Maju Jaya" memiliki 2 orang karyawan tetap yang memproduksi batako setiap harinya. Selain sebagai pengelola usaha batako, beliau juga bekerja sebagai seorang petani sawit. 

Dalam menjalankan Usaha Batako "Maju Jaya" ini, Khaidir menemui beberapa kendala. Salah satu kendala diantaranya adalah karena tidak adanya penganggaran penjualan dalam usaha. Tidak adanya proses perencanaan keuangan dan penganggaran ini berdampak pada kurang luasnya target pemasaran dan belum optimal distribusi penjualan. Kendala lain yang dihadapi Khaidir adalah lokasi usaha yang berada di tempat kurang strategi dan jauh dari jalan raya membuat pengantaran bahan baku menjadi lama. Kendala terakhir yang dihadapi adalah faktor cuaca seperti intensitas hujan yang tinggi dan tentunya hal tersebut dapat mempengaruhi proses penjemuran batako.

Untuk menyiasati kendala tersebut, Usaha Batako "Maju Jaya" telah melakukan beberapa strategi. Salah satu strategi yang dilakukan adalah melakukan kerjasama dengan pemborong atau pemilik rumah. Strategi ini cukup efektif karena sebagian besar penjualan batako merupakan pesanan dari pembangunan perumahan. Usaha Batako "Maju Jaya" juga menawarkan penjualan langsung yakni penjualan ke konsumen langsung baik untuk batako yang sudah jadi maupun dengan sistem pre-order (batako dibuat setelah konsumen melakukan pemesanan). Sistem Pre-Order ini cukup membantu Pak Khaidir dalam menghandle stok batako dan menekan biaya upah harian pekerja.

Tujuan kedatangan Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah  Riau (UMRI) adalah untuk mengetahui potensi usaha batako serta edukasi anggaran bisnis. Wawancara ini dilakukan oleh Fazil Saputra, Hafidh Fahnel, Sy Farah Aulia Safira, dan M. Rafiq Kurnia. Kegiatan ini dibimbing oleh Dosen Anggaran Perusahaan yaitu Intan Diane Binangkit, SE, M.Si. 

Selain tujuan edukasi proses penganggaran, tujuan lain dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui kendala dan strategi yang dihadapi Pak Khaidir dalam mengoperasikan usaha batako sejak berdiri hingga sekarang. Salah satu kedatangan tim adalah mengedukasi penting nya anggaran bagi kelangsungan bisnis terutama yang kecil. 

Anggaran operasional merupakan catatan kegiatan yang menghasilkan pendapatan dari sebuah usaha, seperti penjualan dan persediaan barang. Setelah menyusun anggaran operasional dengan lengkap dan mendapatkan harga pokok produk per unit, pelaku umkm dapat menyusun anggaran keuangan untuk mengetahu total aset yang dimiliki dan proporsi pendanaan internal dan eksternal. Setiap anggaran yang dibuat memiliki fungsi dan perannya masing masing. Pelaku usaha perlu menyusun anggaran dengan baik guna membantu dalam proses system pengendalian keuangan dan memudahkan penyusunan laporan keuangan. Tanggapan Pak Khaidir setelah kegiatan edukasi materi tentang anggaran operasional sangat antusias sekali karena materi anggaran memiliki peran penting keuangan dalam perkembangan usahanya di masa mendatang.

Saran yang sebaiknya Usaha Batako "Maju Jaya" lakukan adalah: 1) Memperluas pemasaran agar masyarakat banyak yang mengetahui tentang usaha yang dia tekuni. Pak Khaidir dapat melakukan promosi atau publikasi produk dengan menyebarluaskan info mengenai produk batako dengan melalui media sosial seperti Instagram dan facebook agar semua kalangan mengetahui dan mengenal produk batako "Maju Jaya". 2) Dengan managemen keuangan terencana maka dapat menargetkan peningkatan cara kerja dengan teknologi yg lebih canggih.Dan juga bisa menjalin kemitraan dengan lembaga keuangan. 3) Mencari pemasok bahan baku yang lebih dekat dengan usaha sehingga dalam mensuplai bahan baku tidak lama diperjalanan. 

Memulai belajar penganggaran usaha merupakan suatu hal yang penting agar kita memiliki pemahaman bagaimana mengatur keuangan dengan baik. Selain itu, mempelajari proses penyusunan anggaran akan mengurangi risiko ketidakpastian dalam setiap pengambilan keputusan manajemen terutama keputusan tentang perencanaan (misalnya dalam perencanaan pemasaran). 

Demi kestabilan dan keberhasilan bisnis yang ada di Desa Pulau Tarap, Kabupaten Kampar, mari bersama membangun literasi perencanaan dan pengendalian usaha bersama Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Riau. 

Sebagai wadah promosi, bagi warga Riau yang membutuhkan batako "Maju Jaya" dengan harga bersaing, silakan menghubungi Khaidir (0852 7522 4702) Mari galakkan dukungan pada industri kecil di masa PPKM ini. Bersama kita pasti bisa! (red)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan