Pemerintah Daerah

Wakil Bupati Rohil Resmikan Pamsimas 5 Kepenghuluan di Basira

Pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Rohil H Sulaiman SS, MH pada saat meresmikan Pamsimas di Basira.

BASIRA - Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Sulaiman SS, MH meresmikan langsung program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) lima Kepenghuluan di Kecamatan Bagan Sinembah Raya (Basira) TA 2021.

Lima kepenghuluan tersebut diantaranya Kepenghuluan Harapan Makmur, Kepenghuluan Harapan Makmur Selatan, Kepenghuluan Bagan Sinembah,  Kepenghuluan Salak dan Kepenghuluan Bagan Sinembah Barat.

Peresmian Pamsimas ditandai pengguntingan pita oleh wakil bupati, dipusatkan di Paket F Kepenghuluan Harapan Makmur Selatan, Kamis (12/08/2021) sekira pukul 14.00. 

Selanjutnya, Wakil Bupati Sulaiman dan rombongan mengecek langsung saluran air ke rumah warga, dan air mengalir cukup deras menandakan debit air yang cukup. 

Turut hadir dalam peresmian itu, Wakil Ketua DPRD Rohil Hamzah, Kasatpol PP Rohil Suryadi, Sekretaris Dinas Perkim Rohil Budi Mulya, Koordinator Pamsimas Provinsi Riau Irwan S.Sos MSi, Asisten II Pemkab Rohil Rahmatul Zamri, Staf Ahli Cicik Mawardi, pejabat OPD Rohil lainnya, Camat Basira Drs HM Yusuf MSi, para penghulu dan masyarakat Harapan Makmur Selatan.

Pada kesempatan itu Sulaiman mengatakan, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir bekerja keras dan berkomitmen dalam upaya meningkatkan akses air minum dan sanitasi yang layak untuk semua lapisan masyarakat. 

Hal ini dilakukan melalui kolaborasi berbagai mode pembiayaan, baik melalui dana APBN (program Pamsimas), dana APBD maupun dari APBDes dan bahkan dana iuran masyarakat.

“Kebutuhan air minum dan tersedianya sarana sanitasi merupakan kebutuhan vital bagi masyarakat, maka pemenuhannya sudah tentu menjadi sebuah keharusan. Dengan diresmikannya Pamsimas ini menjadi anugerah dan bukti nyata keseriusan pemerintah dalam membawa perubahan ke arah yang lebih baik lagi, dengan harapan fasilitas yang sudah dibangun ini dapat bermanfaat dan tetap dijaga serta dikelola dengan baik,” tutur Sulaiman.

Kedepannya, Sulaiman menginginkan program Pamsimas kembali dianggarkan oleh Pemerintah Pusat, karena Pamsimas di Rohil bisa menjadi percontohan bagi daerah lain.

Sebelumnya Camat Basira Drs HM Yusuf menyampaikan, daerah yang mendapat program Pamsimas mayoritas daerah berbukit, dan bahkan jika dilakukan pengeboran sumur harganya bisa mencapai 12 juta. Namun dengan adanya program ini, masyarakat dapat terbantu dan bisa menikmati air bersih.

"Terima kasih kepada pemerintah pusat yang sudah memberikan bantuan program Pamsimas, semoga bisa berfungsi sebagaimana mestinya," ucap Camat. (rls/rif)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan