Lingkungan

Mulai Bergerak, Satgas Banjir DLH Rohil Lakukan Penggalian Parit Jalan Kecamatan

Kepala DLH Rohil Suwandi S.Sos memimpin penggalian parit di Jalan Kecamatan untuk mengatasi banjir.

ROHIL - Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Banjir dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mulai bergerak mengatasi banjir di Jalan Kecamatan, Kelurahan Bagan Punak, Kecamatan Bangko. 

Kali ini, Kepala DLH Rohil Suwandi S.Sos memimpin Satgas Penanggulangan Banjir membersihkan lumpur dan sampah di sepanjang parit depan terminal sampai ke Sungai Pabrik Jalan Kecamatan.  

Satgas Penanggulangan Banjir ini baru dibentuk sesuai instruksi Bupati dan Wakil Bupati yang beranggotakan petugas-petugas kebersihan parit berjumlah 25 orang.

"Jadi Satgas Penanggulangan Banjir ini akan siaga dan standby 24 jam, dan akan kita turunkan apabila terjadi curah hujan yang cukup tinggi sehingga terjadi genangan air baik di pemukiman maupun di jalan-jalan," sebut Suwandi, Rabu (1/9/2021).

Eksen pertama kata Suwandi, Satgas Banjir melakukan penggalian manual di sepanjang parit depan terminal yang diketahui apabila sudah terjadi curah hujan cukup tinggi maka akan menggenangi jalan-jalan.

"Mudah-mudahan kegiatan yang kita lakukan pada hari ini bisa mengurangi genangan air yang ada di jalan," ucapnya. 

Selain curah hujan tinggi, penyebab lain genangan air di depan terminal adalah karena banyaknya rumah warga yang berdiri di atas parit dan menjadi kendala Satgas di lapangan. 

Sehingga Satgas melakukan tindakan pembongkaran semenisasi dan papan-papan di beberapa titik rumah warga terlebih dahulu yang menutupi parit. Kemudian sampah-sampah baru bisa dibersihkan dan air kembali dapat mengalir ke sungai pabrik.

Terlihat aliran air di sisi kanan parit sudah mulai lancar menuju ke sungai pabrik, sementara di sisi kiri masih dilakukan pembersihan. 

Kepada masyarakat, Kepala DLH Rohil Suwandi berharap agar tidak lagi membuang sampah sembarangan ke parit, karena hal itu bisa menyebabkan aliran air di drainase tidak lancar.

"Juga jangan membangun permanen yang menutupi parit sehingga sulit untuk dibersihkan. Kalaupun harus membangun box culvert atau semenisasi maka harus juga dibuat bak kontrol yang bisa dibuka tutup pada saat dilakukan pembersihan," pintanya. 

Pada saat itu, Wakil Bupati Rohil Sulaiman Azhar datang bersama Plt Kadis PUPR Budiman ST, MT meninjau Satgas yang membersihkan parit.

Wakil Bupati meminta Lurah setempat agar memperhatikan kembali jalannya aliran air. (rif) 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan