News

Dinas Perikanan Rohil Gelar Sosialisasi dan Praktek Budidaya Ikan

Narasumber saat mempraktek cara budidaya ikan.

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melalui Dinas Perikanan menggelar sosialisasi pemberian pendampingan, kemudahan akses ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi serta penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan (CBIB), Rabu (29/9/2021) di Bagansiapiapi.

Sosialisasi diperuntukan bagi para kelompok budidaya ikan (Pokdakan) dan Unit Pembenihan Rakyat (UPR) dari Kecamatan Bangko, Batu Hampar, Rimba Melintang, Tanah Putih dan Rantau Kopar. 

Kadis Perikanan Rohil Muhammad Amin SPi, MSi melalui Kabid Perikanan Budidaya Lola Fitria SPi, MSi mengatakan peserta sosialisasi terbatas hanya untuk 50 orang sesuai protokol kesehatan. 

Sosialisasi diutamakan untuk Pokdakan dari daerah yang dekat, karena Dinas Perikanan Rohil tidak menyediakan penginapan. 

"Para peserta sosialisasi antusias karena di Rohil hanya sedikit yang mendapatkan CBIB ini. Peserta juga diberikan bibit, pakan dan tempat ikan," ujar Kabid Perikanan Budidaya. 

Pada sosialisasi juga ditampilkan kegiatan pembenihan secara praktek. Diharapkan para Pokdakan bisa menghasilkan benih-benih ikan sendiri, tanpa harus didatangkan dari luar. 

"Semoga mereka bisa membuat benih-benih ikan sendiri, supaya dari kita untuk kita dan bisa menaikan taraf hidup mereka," harap Lola. 

Sementara narasumber yang diundang berasal dari Pekanbaru yaitu Dosen UNRI yang berhubungan dengan budidaya, praktisi, dan dari Dinas Perikanan menyangkut CBIB. 

CBIB itu sendiri, sebut Lola, akan berguna saat melakukan pinjaman ke bank. CBIB bisa dilampirkan sebagai penguat syarat bantuan pinjaman. (rif) 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan