Lingkungan

BPBD Ajak Masyarakat Ikut Cegah Karhutla

MERANTI--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Meranti mengajak semua pihak untuk turut mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerah ini. 

Demikian disampaikan Pj Sekretaris BPBD Kepulauan Meranti, Eko Setiawan SE. Dia mengatakan, sosialisasi tentang karhutla gencar dilakukan pihaknya agar sedini mungkin dapat dilakukan pencegahan dan pengendalian. 

"Peran aktif masyarakat sangat diharapkan, bersama kita cegah terjadinya karhutla," kata Eko Setiawan, didampingi Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan, Elfis Manihar Tambunan, belum lama ini. 

Menurutnya, upaya pencegahan dan pengendalian karhutla itu harus dipahami masyarakat, khususnya relawan pemadam kebakaran di tingkat desa.

"Dalam mencegah karhutla perlu sinergi semua pihak, terlebih pemahaman cara mencegah dan mengendalikan karhutla apabila terjadi di kemudian hari," jelasnya.

Selanjutnya, Elfis Manihar menambahkan, masyarakat juga diharapkan mengetahui bahaya dan sanksi yang diberikan jika melakukan pembakaran hutan dan lahan.

"Selalu waspada, hindari pembakaran sampah di sembarang tempat, jangan membuang puntung rokok yang masih menyala sembarangan, sehingga tidak akan timbul permasalahan atau kerugian yang lebih besar terhadap warga maupun membakar lahannya tanpa pengawasan," pesannya.

Selain itu, pihak BPBD juga memasang beberapa spanduk mengenai larangan membuka hutan dan lahan dengan cara dibakar. Spanduk ini dipasang pada lokasi rawan karhutla dan pada titik-titik strategis. 

"Kita berharap ini dapat mencegah terjadinya karhutla dan mengimbau masyarakat untuk menumbuhkan kepedulian terhadap alam dan lingkungan," harapnya. (And)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan