Parlemen

Asokana, Rumah Singgah Inisiatif Anggota DPRD Meranti

MERANTI - Masyarakat Kepulauan Meranti kini tidak perlu khawatir jika ingin mencari penginapan sementara saat hendak membawa keluarga berobat ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kini sudah disediakan rumah singgah untuk keluarga pasien yang terletak di Jalan P3D, Dorak, Selatpanjang Timur, Kecamatan Tebingtinggi. Rumah ini dinilai sangat alternatif karena berada dekat dengan rumah sakit.

Rumah tersebut merupakan bantuan inisiatif dari deretan anggota DPRD Meranti fraksi Partai Amanat Nasional (PAN). Adalah Ardiansyah (Ketua DPRD), Sopandi (Anggota DPRD), Eka (Anggota DPRD), dan Nirwana Sari (Anggota DPRD). Sehingga disingkat menjadi rumah singgah Asokana.

Ardiansyah mengatakan, rumah singgah itu sebagai bentuk kepedulian dan kerjasama pihaknya dengan organisasi Mitra VJ, untuk masyarakat Meranti yang hendak berurusan ke RSUD Meranti. Terutama yang bertempat tinggal jauh atau di luar ibukota kabupaten.

"Semoga rumah singgah ini bisa dapat dimanfaatkan seluruh masyarakat yang membutuhkan. Memang kebanyakan masyarakat yang menggunakan fasilitas ini berasal dari seberang (luar Selatpanjang)," kata Ardiansyah usai meresmikan, Senin (17/1/2022).

Menurutnya masyarakat yang tidak memiliki biaya lebih, bisa terbantu dengan keberadaan rumah singgah Asokana. Karena sebagaimana diketahui, masyarakat tentu sudah mengeluarkan biaya transportasi untuk menyeberang pulau ke Kota Selatpanjang dan keperluan lainnya.

Dan tiba pun di Selatpanjang, keluarga pasien yang ikut menginap di RSUD Meranti terbatas. Hanya beberapa perwakilan saja yang diperbolehkan.

"Di rumah sakit kan tidak boleh ramai-ramai menjaga pasien yang tengah di rawat inap. Jadi disini mereka bisa menunggu keluarganya yang berobat di rumah sakit," sebut Ketua DPRD Kepulauan Meranti itu.

Sementara itu, Ketua Yayasan Sosial Mitra VJ Rosihan Afrizal mengucapkan terimakasih kepada Asokana yang telah mendukung fasilitas untuk yayasan tersebut. 

Ia sebagai penggerak kegiatan sosial ini sengaja meminta bantu disediakan rumah singgah yang berada dekat dengan RSUD untuk mempermudah masyarakat, terutama bagi keluarga pasien.

"Sebelumnya ada rumah singgah Mitra VJ sejak 2015 di Jalan Perumbi Melayu, tapi agak jauh. Karena ada masyarakat dari desa yang tidak bawa kendaraan kan jadi susah, setidaknya harus mengeluarkan biaya untuk naik beca. Dan di sini lebih dekat dengan RSUD, jadi mereka pun bisa berjalan kaki," kata Rosihan.

Menurut Rosihan, disediakannya rumah singgah tersebut karena tidak semua masyarakat di Meranti memiliki keluarga di Selatpanjang. Kemudian tidak juga mempunyai biaya lebih untuk menginap di penginapan atau hotel.

"Inilah inisiatif kami untuk membantu dan memudahkan masyarakat. Setidaknya dengan adanya rumah singgah, masyarakat bisa lebih menghemat biaya," ujarnya.

Dia juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat di Kepulauan Meranti soal keberadaan rumah singgah tersebut. Sementara ini, ia berencana akan memasang baliho pemberitahuan di tiap puskesmas seluruh kecamatan se-Kepulauan Meranti.

"Kenapa kita pasang baliho di puskesmas, karena kan masyarakat mengambil rujukan di sana. Jadi situ mereka akan tahu di Selatpanjang sekitaran RSUD sudah ada rumah singgah. Kemudian kita juga akan menginformasikan ini juga di media sosial," beber Rosihan.

Selain menyediakan rumah singgah bagi keluarga pasien, Yayasan Sosial Mitra VJ juga akan membantu melayani keperluan lain masyarakat. Mulai dari mengurus administrasi pendaftaran hingga antar jemput keluarga dan pasien.

"Kita bersedia akan melakukan antar jemput keluarga dan pasien dengan menggunakan ambulans Mitra VJ. Baik dari rumah singgah ke RSUD Meranti dan pelabuhan, penyeberangan," tambah Rosihan. **



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan