Sport

Perdana Digelar, Wabup Sulaiman Buka Turnamen Badminton Jhony Charles Cup 2022

Ketum KONI Rohil, Jhony Charles BBA, MBA menyerahkan cinderamata kepada Wabup H Sulaiman.

BAGANSIAPIAPI - Badminton Championship Jhony Charles Cup 2022 resmi bergulir. Pembukaan turnamen dilakukan oleh Wakil Bupati (Wabup)  Rokan Hilir (Rohil) H Sulaiman SS, MH bertempat di Gor Ismet, Jalan Bintang Simpang 200, Bagansiapiapi, Jumat (18/2/2022) siang. 

Turut hadir Asisten III H Ali Asfar, Ketum KONI Rohil Jhony Charles BBA, MBA sekaligus penanggung jawab turnamen, selanjutnya hadir Kadis Parpora Budiman ST, Plt Kadis PMD Asrul S.Sos, Kabid Paud Disdikbud Rohil Sukri, Camat Bangko Aspri Mulya, Camat Tanah Putih Tanjung Melawan Robby Kurniawan, Ketua PBSI Rohil Jon Syafrindow, official serta atlit dari 10 kecamatan se-Rohil. 

Menurut Wabup Sulaiman, Badminton adalah olahraga yang memerlukan tenaga dan teknik. Wabup memuji sosok Ismet sebagai pelatih badminton legendaris di Bagansiapiapi. 

“Kita harapkan dari turnamen Badminton Jhony Charles Cup ini bisa melahirkan bibit-bibit atlit yang akan mewakili Rohil,” ujarnya. 

Ia berpesan kepada para peserta untuk menjunjung tinggi sportifitas dalam meraih kemenangan. “Menang ataupun kalah tetap harus selalu giat berlatih,” bebernya. 

Pemda Rohil, sebut Wabup, akan senantiasa mendukung kegiatan olahraga karena menjadi dasar untuk kesehatan.

Pada kesempatan itu, Sulaiman juga mendorong semua yang hadir untuk memvaksinkan diri supaya kedepan bisa lebih mudah melaksanakan kegiatan. 

“Vaksin kedua kita belum mencapai 80 persen, ini artinya setiap kegiatan yang dilaksanakan dibatasi aturan,” sebutnya. 

Sementara untuk vaksin tahap dua, lanjut Wabup, Rohil berada diurutan terakhir se-Riau. 

Selanjutnya, Ketua Panitia, Yusuf Muji Sutrisno melaporkan, turnamen Badminton Jhony Charles Cup 2022 hanya mempertandingkan satu kategori yaitu beregu putra yang diikuti 10 kecamatan se-Rohil diantaranya Bangko, Bagan Sinembah, Tanah Putih Tanjung Melawan, Rimba Melintang, Kuba, Palika, Simpang Kanan, Pekaitan, Bangko Pusako dan Sinaboi. 

Turnamen tersebut, lanjut dia, perdana dilaksanakan di tahun 2022 dengan memperebutkan piala bergilir. 

“Harapan kita pada pergelaran turnamen Badminton Jhony Charles Cup berikutnya di tahun 2023 bisa diikuti kecamatan lainnnya,” ujar Yusuf. 

Disebutkannya, sosok yang menginisiasi turnamen adalah Jhony Charles (JC) dengan tujuan untuk meningkatkan semangat dan memacu prestasi bulu tangkis Kabupaten Rohil. 

Meski baru mempertandingkan satu kategori, Yusuf menyatakan, kedepannya tidak menutup kemungkinan untuk mempertandingkan kategori beregu putri. 

“Jadi turnamen ini akan kita ambil pemikiran seperti Piala Thomas dan Uber Cup,” ucapnya. 

Selain medali dan piala bergilir, total hadiah yang diperebutkan pada turnamen ini berupa uang pembinaan sebesar Rp 20 juta. 

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan moril dari beberapa pihak, terutama dukungan dan support dari Bupati dan Wabup Rohil,” pungkas Yusuf.

Turnamen Bula Tangkis Jhony Charles Cup tersebut akan berlangsung selama empat hari, dari tanggal 18-21 Februari 2022.

Sementara itu, Ketua PBSI Rohil, Jon Syafrindow turut mengapresiasi turnamen Bulu Tangkis yang diinisiasi Jhony Charles.

Ia menginginkan, keberlanjutan turnamen untuk seterusnya demi menggali potensi besar atlit-atlit badminton Rohil. 

“Saya berpesan agar atlit-atlit bulu tangkis bisa mendaftarkan diri ke PBSI, supaya dapat diikutsertakan pada agenda PBSI seperti dalam waktu dekat pelaksanaan Porprov di Kuansing dengan maksimal usia 21 tahun,” sebut Jon. 

Terhadap wasit dan hakim garis, Jon mengharapkan, agar bekerja profesional dan jujur. Untuk atlit juga diharapkan menjaga keamanan selama bertanding. 

Kemudian, JC mengutarakan, lahirnya turnamen bulu tangkis bergilir Jhony Charles Cup atas dasar semangat pada pelaksanaan turnamen sebelumnya. Turnamen juga terlaksana atas dukungan sponsor.

“Turnamen ini menandakan bangkitnya kembali semangat olahraga di Rohil setelah vakum di masa pandemi Covid-19. Para atlit kita himbau untuk melakukan vaksin serta menerapkan protokol kesehatan,” tegasnya. 

Jhony Charles menginginkan para atlit memiliki cita-cita untuk bisa ikut pelatihan di PB Jarum. “Kita akan mulai dari sekarang memupuk atlit-atlit agar bisa berkancah di nasional,” ujarnya.

Ketum KONI Rohil sangat mengharapkan Cabor-Cabor lain di KONI dapat melaksanakan kegiatan serupa seperti PBSI. (rif) 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan