Pemerintah Daerah

Momen Harkitnas Ke-114, Bupati Rohil Ajak Bersama Majukan Daerah

Bupati Rohil Afrizal Sintong, SIP menjadi Inspektur Upacara Harkitnas ke-114.

BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong, SIP menjadi Inspektur Upacara (Irup) peringatan hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 tahun 2022 di depan Kantor BPKAD, jalan Merdeka, Bagansiapiapi, Jumat (20/5) sekira pukul 08.00 WIB.

Peringatan Harkitnas ini dihadiri Wakil Bupati Rohil H Sulaiman SS MH, Forkopimda dari unsur TNI, Polri dan berbagai unsur lainnya, serta seluruh pegawai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) beserta Pejabat Eselon II, III dan IV.

Dalam sambutannya, Bupati Rohil Afrizal Sintong membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menegaskan, bahwa Harkitnas diperingati setiap tanggal 20 Mei sebagai hari lahirnya organisasi Budi Utomo pada tahun 1908 lalu sebelum kemerdekaan.

Lahirnya Budi Utomo menjadi tonggak sejarah dimulainya pergerakan Indonesia merdeka sampai puncaknya 17 Agustus 1945. Budi Utomo ini juga menjadi awal munculnya Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang terdidik, memiliki jiwa nasionalisme kebangsaan, dan memiliki cita-cita mulia untuk melepaskan diri dari penjajahan. Tampilnya sumber daya manusia yang unggul inilah semangat kebangkitan nasional dimulai.

Oleh sebab itu, Bupati Afrizal Sintong memandang penting tema “Ayo Bangkit Bersama” menjadi tema hari Kebangkitan Nasional sebagai bentuk seruan agar bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

“Peringatan hari Kebangkitan Nasional hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja. Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis dibalik peringatan hari Kebangkitan Nasional,” ajaknya.

Bupati juga mengajak semua pihak di Kabupaten Rohil memaknai momentum Harkitnas ke-114 ini untuk bangkit memajukan bangsa dan negara.

“Saya mengajak seluruh aparatur yang diberi amanah jabatan pemerintahan untuk menyelenggarakan proses-proses secara lebih efisien. Mari pangkas segala proses pelayanan yang berbelit-belit dan berkepanjangan tanpa alasan yang jelas. Mari bangun proses-proses yang lebih transparan. Mari berikan layanan tepat waktu,” ajaknya lagi.

Selain itu, Bupati Afrizal juga mengajak seluruh elemen agar menjadikan semboyan Budi Utomo sebagai semangat dalam memajukan dan membangun daerah khususnya Kabupaten Rohil.

“Di hari kebangkitan ini saya mengajak seluruh organisasi kepemudaan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh unsur untuk bersama-sama memajukan kabupaten yang kita cinta ini ke depannya,” pungkas Afrizal. (rif) 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan