Pemerintah Daerah

Hadiri Pagelaran Rempak Barongan, Bupati Adil : Budaya Melayu Tetap Menjadi Payung

PEKANBARU - Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH, MM, mengatakan saat ini di Provinsi Riau telah memiliki beragam budaya dari berbagai suku yang ada di Indonesia. Meski begitu, dia meminta kebudayaan melayu sebagai tuan rumah harus tetap menjadi payung bagi budaya lainnya.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri undangan Pagelaran Tari Kolosal Rempak Barongan Parade Celengan Sringgi Jaranan Kepang Tahun 2022 di Taman Kreasi Alamayang Pekanbaru, Minggu (26/6/2022).

"Mari kita bersama-sama menjadikan budaya melayu sebagai payung bagi kebudayaan-kebudayaan yang hadir di Provinsi Riau ini," kata Adil.

Dia juga mengapresiasi pihak panitia yang telah melaksanakan kegiatan tersebut. Menurutnya, selain upaya melestarikan dengan mengenalkan pada generasi muda, pagelaran tersebut menjadi bukti bahwa di Provinsi Riau ini memiliki ragam budaya.

"Seni budaya adalah sesuatu yang sifatnya universal, yang mana dapat dilakukan dan dinikmati oleh suku dan bangsa manapun. Semoga apa yang kita lakukan hari ini dapat semakin mempererat hubungan silaturahmi antar sesama," sebutnya.

Bupati kelahiran Selatpanjang itu juga mengundang para pemenang dari festival itu untuk datang ke Kepulauan Meranti. Menurutnya, kabupaten yang dipimpinnya itu kaya akan seni dan budaya dari beragam suku dan bangsa.

"Ada bonus untuk para pemenang, kami siapkan penginapan gratis dan menikmati mi sagu dan kopi liberika Meranti," ajak Bupati Adil.

Ketua Forum Komunikasi Jaranan Kuda Lumping (FKJK) Riau, Sularno menyampaikan wadah yang dipimpinnya merupakan tempat berkumpulnya panguyuban jaranan dan kuda lumping se Provinsi Riau. FKJK juga memiliki misi untuk menjadikan seni tersebut sebagai warisan budaya dunia asli Indonesia dan tercatat di Unesco PBB.

"Kami ucapkan terimakasih atas kehadiran Bupati Meranti, H. Muhammad Adil. Ini membawa semangat bagi kita semua dan membuktikan beliau sangat mendukung apa yang kita laksanakan hari ini," ujarnya.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana, 
Suhardi melaporkan kegiatan tersebut diikuti oleh 238 peserta dari 64 panguyuban yang ada di Riau. 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan