Pemerintah Daerah

HUT RI ke-77, Bupati Adil Serahkan SK Remisi Warga Binaan Lapas Kelas IIB Selatpanjang

MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti, H. Muhammad Adil SH MM dan Wabup AKBP (Purn) H. Asmar yang didampingi Kepala Lembaga Permasyarakatan (Kalapas) Kelas llB Selatpanjang, Khairul Bahri Siregar menyerahkan SK Remisi secara simbolis kepada warga binaan sempena Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77. 

Adapun jumlah warga binaan yang mendapat remisi sempena HUT RI ke-77 sebanyak 189. Penyerahan SK Remisi dilaksanakan di Halaman Lapas Kelas llB Selatpanjang, Rabu (17/8/2022). 

Kalapas Kelas llB Selatpanjang, Khairul Bahri Siregar menyebutkan jumlah warga binaan di Lapas Selatpanjang saat ini per tanggal 17 Agustus 2022 berjumlah 309 orang.

"Dengan rincian pidana perkara narkotika berjumlah 251 orang, kalau kami persentasekan mencapai 82,56 persen. Kemudian pidana umum dan pidana lainnya berjumlah 56 orang, ada pidana umum perjudian dan lain sebagainya," ujarnya. 

Sementara itu, Bupati Kepulauan Meranti, H. Muhammad Adil berharap kepada ratusan warga binaan penerima remisi tersebut dapat memberikan motivasi dan kesadaran untuk selalu patuh kepada aturan hukum serta norma yang berlaku. Sehingga ke depan dapat menjadi manusia berkualitas, terampil dan mandiri.

"Pemerintah memberikan apresiasi berupa pengurangan masa menjalani pidana (remisi) bagi mereka yang telah menunjukkan prestasi, dedikasi, dan disiplin yang tinggi dalam program pembinaan, serta telah memenuhi syarat substantif dan administratif sebagaimana diatur dalam ketentuan perundang-undangan yang berlaku," ujarnya. 

Dijelaskan Adil, pemberian remisi ini juga merupakan sebuah bentuk apresiasi dan penghargaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan yang telah berkomitmen mengikuti program-program pembinaan yang diselenggarakan oleh unit pelaksana teknis pemasyarakatan dengan baik dan terukur. Tujuan utama program pembinaan adalah untuk menyiapkan bekal mental, spiritual dan sosial untuk dapat berintegrasi secara sehat di saat yang bersangkutan kembali di tengah-tengah masyarakat nantinya.

Bupati Adil juga mengingatkan agar warga binaan terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan agar menjadi insan yang taat hukum, insan yang berakhlak mulia dan berbudi luhur, serta insan yang berguna bagi pembangunan bangsa.

"Bagi seluruh warga binaan yang mendapatkan remisi pada hari manfaatkanlah momen ini sebagai sebuah motivasi untuk tetap berperilaku baik, taat pada aturan dan tetap mengikuti program pembinaan dengan tekun dan bersungguh-sungguh. Tanamkan dalam benak saudara sekalian bahwa proses yang saudara jalani sekarang bukan merupakan penderitaan semata, namun sebuah proses pendidikan dan pembinaan untuk menjadi manusia lebih baik," ungkapnya.

Kegiatan juga dihadiri Anggota DPRD Kepulauan Meranti, Cun Cun, Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Meranti, Waluyo, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Selatpanjang, Maryana, Ketua MUI, Baznas, para kepala OPD, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya. 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan