News

Cegah PMK, Babinsa Serma Safi'i Cek Hewan Ternak Sapi di Desa Mengkikip

MERANTI - Koramil 02 / Tebing Tinggi, Kodim 0303 / Bengkalis, Babinsa Serma Safi'i melakukan pengecekan terhadap hewan ternak sapi di Desa Mengkikip, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti. Senin (21/08/2023).

Kegiatan Pengecekan PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) pada hewan ternak sudah penekanan dari Pemerintah Pusat melalui Komando Atas terutama di wilayah Koramil 02 / Tebing Tinggi khusus Nya di Wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti tengah gencarnya memberantas adanya wabah virus akut tersebut.

Penyakit mulut dan kuku tergolong penyakit menular yang rentan menyerang pada hewan berkuku belah/genap seperti halnya sapi, kambing, dan lainnya.  

Untuk antisipasi hal tersebut, Kodim 0303/Bengkalis melalui Koramil 02 / Tebing Tinggi Babinsa Serma Safi'i yang terus melaksanakan kegiatan pemantauan PMK pada hewan ternak di wilayah Binaan Desa Mengkikip, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Kami lakukan pemantauan dan pemeriksaan terhadap hewan ternak milik masyarakat Atas Nama Bapak Zakaria Sebanyak 5 Ekor yang ada di Desa Mengkikip kec Tebing Tinggi Barat Sebagai tindak lanjut pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan berkuku genap atau belah," ujar Serma Safi'i.

Perlu diketahui bahwa gejala hewan ternak terkena PMK yaitu ternak terlihat demam tinggi, menggigil, mengalami Kurang nya nafsu makan (anorexia), penurunan produksi susu yang drastis pada sapi perah, keluar air liur berlebihan, hewan lebih sering berbaring, luka pada kuku bahkan kukunya terlepas.  

"Mudah-mudahan melalui kegiatan ini, kita dapat Pencegahan Tentang Penyakit hewan-hewan ternak milik masyarakat di wilayah binaan Koramil 02 / Tebing Tinggi khususnya di Kecamatan Tebing Tinggi Barat Agar Bisa terbebas dari PMK atau yang lebih dikenal dengan Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak" ungkapnya. **



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan