Pemerintah Daerah

Disambangi Plt Bupati Asmar, Tanoto Foundation Rencanakan Turun ke Meranti

JAKARTA - Pelaksana tugas (Plt) Kepulauan Meranti H. Asmar, Rabu (4/10/2023) menyambangi Kantor Tanoto Foundation di Jakarta.

Kunjungan Asmar bersama sejumlah pejabat Pemkab Kepulauan Meranti itu guna menggaet program yang bisa dikerjasamakan dengan organisasi filantropi itu.

Asmar memaparkan kondisi kabupaten yang dipimpinnya tersebut, mulai dari isu miskin ekstrem, stunting hingga rendahnya tingkat pendidikan. Oleh karenanya, sangat memerlukan bantuan dan dukungan dari berbagai pihak.

"Kami mengharapkan ada program dan kerja sama dengan Tanoto Foundation, tujuannya membantu Meranti lepas dari kemiskinan," ungkap Asmar.  

Lebih jauh dikatakannya, sesuai instruksi presiden, pada tahun 2024 mendatang setiap daerah harus bebas stunting dan tingkat kemiskinan di angka 14 persen.

"Saat ini, dari 12 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau, kabupaten termiskin itu ialah Kepulauan Meranti," ujarnya.

Hal itu menurut Asmar, akibat lemahnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang disebabkan kecilnya Pendapatan Asli Daerah (APBD)

"Juga karena minimnya ketersediaan lapangan kerja di Meranti. Untuk itu kiranya ada dukungan program dari Tanoto Foundation," harap Asmar.

Sementara itu, Direktur External Affairs Tanoto Foundation Ari Gudadi menyampaikan terima kasih atas kunjungan Plt Bupati Meranti bersama sejumlah pejabat pemerintah kabupaten itu.

"Ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan kami," katanya.

Menanggapi pemaparan terkait berbagai kendala yang dihadapi Pemkab Meranti, Ari mengatakan perlu pembicaraan serta diskusi lebih lanjut untuk pematangan kolaborasi.

"Untuk itu bersama kami, Tanoto Foundation dan juga RAPP nanti akan beraudiensi mengunjungi Kabupaten Kepulauan Meranti dalam waktu dekat," sebut Ari.

Ditambahkan Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Bambang Suprianto, sesuai Keputusan Presiden tentang Pengentasan Kemiskinan Ekstrem, pemerintah daerah harus menyelaraskan program dengan pelaku usaha yang ada di daerah.

"Oleh karena itu pemerintah daerah mencoba bekerja sama dengan pihak Tanoto Foundation," terang Bambang.

Lebih lanjut dia menyebutkan, dari pertemuan itu diketahui pihak Tanoto Foundation, PT RAPP dan April Grup akan melakukan kunjungan kerja guna mengambil data untuk mempersiapkan program kerja tahun 2024"

"Insyaallah kita akan mencoba menyelaraskan dengan Koalisi Ekonomi Membumi," jelasnya.

Ikut juga dalam pertemuan itu, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Edi Susanto, Plt Kepala Bagian Umum Setda Agustiono, Kabid IKP Diskominfotik Dody Hamdani, serta Kasubbag Keuangan Bagian Umum Setda Sumarno. 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan