Pemerintah Daerah

Pemkab Meranti Gelar Bimtek Kemudahan Berusaha Angkatan III

MERANTI - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Rokhaizal membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Sosialisasi Kemudahan Berusaha Angkatan III Tahun 2023 di Ballroom Afifa Selatpanjang, Rabu (15/11/2023).

Rokhaizal mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya Pemkab untuk menghubungkan para pelaku UMKM, agar menjalin kemitraan yang saling menguntungkan dan membantu daya saing produk yang dihasilkan.

"Tujuannya memberikan informasi dan pemahaman kepada para pelaku usaha terhadap kewajiban dan ketentuan penanaman modal, termasuk mendapatkan kemudahan dalam berusaha," ujarnya.

Dia mengharapkan melalui Bimtek itu, para pelaku usaha dapat meningkatkan realisasi investasi dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti. Sehingga jumlah pelaku usaha yang memiliki perizinan berusaha terus meningkat, serta meningkatkan kesadaran pelaku usaha dalam menyampaikan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM).

"Untuk itu Pemkab Kepulauan Meranti melalui DPMPTSP melakukan pembinaan kepada pelaku usaha melalui kegiatan ini agar menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang positif di Kepulauan Meranti," kata Rokhaizal.

Sebelumnya, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kepulauan Meranti, H. Sutardi, kegiatan itu difokuskan pada prosedur pelayanan perizinan dengan aplikasi Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) atau perizinan berusaha berbasis risiko.

Aplikasi OSS-RBA merupakan perizinan berusaha yang diberikan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), untuk memulai dan menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan tingkat risiko kegiatan usaha.

"Untuk perizinan, saat ini kita memakai aplikasi OSS-RBA. Namun untuk perizinan yang tidak tercover di OSS-RBA, kami juga menyiapkan Sistem Informasi Perizinan Online Terpadu (Sempolet)," jelas Sutardi. 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan