Lingkungan

Antisipasi Kebakaran Hutan, Personel Damkar RAPP Patroli Tiap Hari

JAKARTA - PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menyiagakan personel dan peralatan pemadam kebakaran lahan dan hutan (karlahut) ke lokasi khusus di wilayah gambut. Upaya tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya karlahut selama musim kemarau dari Mei - Oktober 2018.

"Kami tidak mau lagi ada kebakaran, target kami zero fire. Untuk itu personel langsung dikerahkan untuk mandah (memantau di lapangan)," kata Fire and Aviation Manager RAPP, Yuneldi, dalam keterangan tertulis, Rabu (16/5/2018).

Ia juga mengatakan pihaknya telah membangun 20 tenda siaga di sejumlah titik. Titik tersebut berada pada masing-masing estate di daerah Pelalawan, Kepulauan Meranti, Siak dan sekitarnya. Hal itu dilakukan untuk memastikan tidak terjadi karlahut terutama di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Masing-masing tenda, ujarnya, telah dilengkapi 5 personel firefighter dan peralatan pemadam. Pihaknya juga telah menambah 7 unit stasiun cuaca dari 29 stasiun yang sudah terpasang di setiap estate.

Stasiun cuaca bernama Davis tersebut berfungsi untuk memantau kelembapan, panas dan cuaca secara online dari mana saja.

"CCTV juga sudah dipasang di lokasi, termasuk ruang monitor di setiap estate dan sekarang ruang monitor untuk keseluruhan sedang disiapkan di posko Pangkalan Kerinci," ungkapnya.

Selain itu, ia juga menambahkan, saat ini personel firefighter RAPP terus berpatroli setiap hari dengan melibatkan BKO TNI/ Polri dan masyarakat. Meski berdasarkan Fire Danger Rating (FDR) kondisi cuaca masih tergolong terkendali, pihaknya tetap waspada sampai situasi benar-benar dinyatakan aman.*



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan