News

Puluhan Wartawan Antusias Ikuti Pra UKW PWI Secara Daring

MERANTI - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat melaksanakan pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) secara daring yang diikuti 60 wartawan dari berbagai media di Provinsi Papua Tengah dan Provinsi Riau. Senin (15/4/2024).

Peserta pra UKW tersebut adalah para wartawan yang telah lulus seleksi administrasi untuk mengikuti UKW gratis yang diselenggarakan oleh Lembaga Uji Kompetensi Wartawan (LUKW) PWI bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ketua PWI Pusat, Hendry Ch Bangun saat membuka kegiatan mengatakan, pra UKW dilaksanakan sebagai bekal bagi peserta sebelum mengikuti pelaksanaan UKW.

"Pra-UKW ini wajib diikuti oleh seluruh peserta. Apalagi materi yang akan disampaikan oleh pemateri adalah yang berkaitan dengan UKW nantinya, terutama tentang dasar-dasar jurnalistik," ungkapnya.

Hendry berharap, dengan digelarnya pra UKW ini para peserta mendapatkan referensi materi-materi jurnalistik. Dengan harapan, para peserta bisa lulus dengan hasil yang memuaskan.

"Jika sehari-hari aktif melaksanakan tugas jurnalistik, maka tidak ada kesulitan saat mengikuti UKW nanti. Karena yang diuji itu merupakan yang kita lakukan sehari-hari," jelasnya.

Kegiatan selanjutnya diisi dengan penyampaian narasumber. Untuk sesi pertama, narasumber yakni Sekjen PWI Pusat, Sayid Iskandarsyah yang menjelaskan tentang pentingnya sertifikasi kompetensi wartawan, kode etik jurnalistik dan hukum pers.

Kemudian sesi kedua, sebagai narasumber Direktur UKW, Firdaus Komar yang menjelaskan tentang standar kompetensi wartawan, bahasa Indonesia jurnalistik, perencanaan liputan, investigasi, editing dan evaluasi.

Sesi terakhir, narasumber yakni Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat, M Nasir. Dia menjelaskan tentang teknik wawancara, penulisan berita (straight news, feature dan tajuk).

Setiap narasumber menyampaikan dengan metode presentasi, penugasan, dilanjutkan dengan tanya jawab/diskusi, dan ditutup dengan kesimpulan. Para peserta terlihat antusias mengikuti pra UKW tersebut.

Untuk diketahui, UKW di Provinsi Papua Tengah akan dilaksanakan selama 2 hari, yakni tanggal 18-19 April 2024, sementara UKW di Provinsi Riau akan digelar pada tanggal 23-24 April 2024. (nur)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan